Daxing, Bandara Cina Terbesar di Dunia Mulai Dioperasikan

Daxing, Bandara Cina Terbesar di Dunia Mulai Dioperasikan

Daxing International Airport, Bandara Terbesar di Dunia seluas 100 kali lapangan bola. (foto - Bloomberg)

Beijing  -  Daxing  International  Airport,  bandara  super  luas  dan  megah  di  dunia  mulai  melayani  penerbangan rute internasional hari Minggu ini.

Dilansir Reuters, Minggu (27/10/2019) dengan dibukanya penerbangan rute internasional diharapkan akan mampu mengurangi kesibukan di dua bandara lainnya di ibukota Cina, Beijing.

Penerbangan maskapai Air Cina ke Bangkok adalah penerbangan internasional pertama, yang diberangkatkan pada hari Minggu ini. Sedangkan British Airways akan menjadi yang pertama mengoperasikan penerbangan lintas benua, dengan tujuan penerbangan ke London.

Bandara Daxing dirancang oleh arsitek terkenal kelahiran Irak Zaha Hadid. Ukuran bandara tersebut diperkirakan sekitar 100 kali lapangan bola, dengan memiliki empat landasan pacu raksasa.

Dalam pembangunannya, Bandara Daxing menghabiskan dana sebesar 63 miliar dolar AS, atau lebih dari Rp 880 triliun. Bandara yang sudah mulai beroperasi sejak akhir September lalu itu diperkirakan, akan menjadi salah satu yang tersibuk di dunia.

Diharapkan, dapat menangani hingga 72 juta penumpang per tahun pada tahun 2025, dan setelahnya meningkat lagi menjadi 100 juta orang per tahun.

Maskapai China Southern Airlines dan China Eastern Airlines, akan menjadi maskapai domestik utama di Daxing Airport.

Sekitar 50 maskapai asing termasuk Finnair, berencana untuk memindahkan seluruh atau sebagian operasi Cina mereka, ke bandara tersebut pada kuartal mendatang. (Jr.)**

Bagian interior Daxing International Airport Cina. (foto - Getty Images) 

.

Categories:Internasional,
Tags:,