Korban penipuan Mobil Murah Akumobil capai Ribuan orang

Korban penipuan Mobil Murah Akumobil capai Ribuan orang

Konsumen Akumobil menyampaikan laporan dugaan penipuan di Mapolrestabes Bandung. (foto - ant)

Bandung  -  Polisi  tengah   mengumpulkan  data  para  korban  dugaan  penipuan  mobil  murah  yang  dijual  oleh  sebuah perusahaan dealer Akumobil. Kerugian yang dialami korban  diperkirakan mencapai miliaran rupiah.
 
"Korban sementara ada 200 orang dari satu grup whatsapp orang nilai kerugian puluhan miliar," kata Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP M Rifai di Mapolrestabes Jalan Jawa Kota Bandung, Jumat (1/11/2019).
 
Sejauh ini, pihaknya masih mendalami modus dugaan penipuan mobil murah bertajuk "flash sale" yang digelar Akumobil di Kota Bandung. Bukti pendukung lainnya terus dikumpulkan polisi. "Kita mendata berapa jumlah nasabah yang sudah membeli kendaraan itu, termasuk totalnya," katanya.
 
Polisi sudah mengamankan tujuh orang pengelola dealer Akumobil. Tiga orang di antaranya merupakan bos Akumobil, yakni Direktur Utama, Direktur Keuangan dan Direktur Pemasaran. Akumobil sendiri beralamat di Jalan Sadakeling Kota Bandung. "Kita amankan untuk mengantisipasi terjadinya tindakan kekerasan, sekaligus kita lakukan proses laporan polisi yang dilakukan oleh nasabah," tegas Rifai.
 
Selain kendaraan roda empat, dealer Akumobil juga menawarkan kendaraan roda dua. Akumobil pun menawarkan harga jauh lebih murah untuk satu unit sepeda motor. "Motor Honda Beat misalnya harga barunya jadi Rp 6 juta," kata Iwan Kurniawan, mantan karyawan Akumobil.
 
sebagai staf marketing di Akumobil, ia pun baru bekerja selama 2 pekan. Menurut Iwan, saat awal bekerja memang terlihat tak ada yang janggal. "Mereka janjikan satu bulan promo setengah harga. Lalu bulan berikut pakai aplikasi. Setelah seminggu jalan, ada flash sale. Mereka putarkan uang tak sehat, makanya saya keluar," tegas Iwan.

Menurutnya, ia keluar karena turut menjadi korban dugaan penipuan Akumobil. Sebab, ia dan juga tujuh orang kerabatnya ikut membeli kendaraan di Akumobil. Perusahaan tersebut mengiming-imingi calon pembelinya dengan harga yang murah.

"Saya dan saudara tujuh orang yang jadi konsumen. Memang benar ada satu yang keluar (mobil) sama BPKB-nya," katanya. Sistem flash sale yang dilakukan Akumobil dengan cara pameran di sejumlah mal di Bandung. Calon pembeli nantinya melakukan registrasi dengan biaya Rp 1 juta. "Nanti diundi, kalau undian enggak dapat maka uang kembali," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,