Bus Penumpang Terbakar Lagi di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

Bus Penumpang Terbakar Lagi di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

Bus penumpang kembali terbakar di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. (foto - Instagram)

Denpasar - Bus angkutan penumpang mengeluarkan percikan api di area Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Kejadian tersebut merupakan kali kedua dalam dua bulan terakhir.

Sementara itu, pukul 08.45 Wita, bus milik Sriwijaya Airlines tersebut terbakar sekitar pukul 08.45 WIB, meski tidak sampai melahap seluruh badan bus. Penyebab kebakaran itu pun masih dalam investigasi Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV.

"Kami akan konsultasi ke Dirjen Perhubungan Udara dan Direktur Bandar Udara untuk pembatasan umur kendaraan, agar tidak lebih dari sepuluh tahun khusus di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai," kata Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV Elfi Amir, Senin (4/11/2019).

Berdasarkan informasi, bus milik Gapura Angkasa merupakan keluaran 2003. Pihak bandara pun mengaku masih mengecek laporan dari bus penumpang milik Sriwijaja Airlines yang terbakar itu. Dipastikan, penanganan pemadaman api sudah sesuai prosedur.

"Sedang didata. Percikan api di APB (apron passenger bus) Sriwijaya sudah sesuai SOP dan langsung disemprot APAR (alat pemadam api ringan) serta langsung mati percikannya," tegas Elfi.

Untuk itu, pihaknya bakal melakukan pemanggilan ke pihak operator bus. Diharapkan, peristiwa itu menjadi pelajaran untuk mitigasi di masa depan.

"Untuk investigasi dipastikan orang-orang yang terlibat bakal dimintai keterangan. Namun percikan tersebut masalah 'minor' tapi tetap kita jadikan mitigasi agar tidak terulang, tetap masuk kategori 'hazard'," kata Elfi.

Seperti diketahui, kebakaran bus sebelumnya terjadi pada 6 September 2019. Ketika itu bus milik PT Gapura Angkasa Pura Cabang Denpasar terbakar, setelah mengangkut penumpang boarding ke pesawat. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,