Akumobil Ternyata Tak Terdaftar di OJK ataupun Kemendag

Akumobil Ternyata Tak Terdaftar di OJK ataupun Kemendag

Promosi Akumobil membidik calon konsumen di sejumlah mall. (foto - ist)

Bandung - Akumobil atau PT Aku Digital Indonesia bukan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri jasa keuangan. Oleh karena itu, Akumobil tidak terdaftar di Otoritas Jasa keuangan (OJK).

Bahkan, Satgas Waspada Informasi (SWI) di Jakarta pernah memberikan pernyataan bahwa Akumobil tidak terdaftar di Kementerian Perdagangan, dengan skema penjualan seperti yang dilakukan oleh Akumobil.

"Akumobil merupakan perusahaan perdagangan dan bukan industri keuangan. Tidak ada urusan Akumobil dengan OJK, sehingga tidak akan pernah terdaftar dan diawasi OJK," kata Kepala OJK Kantor Regional 1 Jawa Barat Triana Gunawan di Bandung, Senin (4/11/2019).

Triana mengakui, OJK pernah mendapat laporan masyarakat yang menanyakan mengenai status Akumobil. Adanya laporan tersebut ditindaklanjuti dengan meneruskan laporan itu ke SWI.

Akhirnya pada 2 Agustus 2019 SWI menyatakan, Akumobil dihentikan kegiatannya. Akumobil dinyatakan tidak memiliki izin berdasarkan proses pengajuan izin melalui online single submision atau OSS Kemendag. Karena itu, Akumobil dikeluarkan dari daftar perusahaan ilegal.

Mengenai klaim Akumobil diawasi OJK, pihaknya tidak akan membawa ke ranah hukum terlebih saat ini kasus yang melibatkan perusahaan itu sudah ditangani pihak kepolisian. "Semoga permasalahan ini segera selesai dan tidak ada lagi kasus serupa," tegas Triana.

Untuk itu, pihaknya kembali mengimbau kepada masyarakat untuk waspada dan berhati-hati dengan tawaran atau iming-iming, terutama yang tidak masuk akal atau tidak logis. Masyarakat diminta untuk memperhatikan tawaran dan mempelajarinya.

Bahkan, masyarakat bisa mengecek keberadaan perusahaan, investasi atau produk fintech yang menawarkan berbagai program atau produk. "Ingat saja dua L, yakni legal dan logis. Apakah perusahaan itu legal, dan apakah tawarannya masuk akal atau logis? Jika menjanjikan hasil atau sesuatu yang tidak logis, maka perlu diwaspadai," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,