Longsor Tebing di Ciwaruga Timbun Jalan, 2 Desa Terputus

Longsor Tebing di Ciwaruga Timbun Jalan, 2 Desa Terputus

Longsor di Ciwaruga Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat menutupi badan jalan. (foto - BPBD Bandung Barat)

Bandung  -  Jalan  desa   menghubungkan  Kampung  Cicarita  dan  Kampung   Gegerarum  di  Kecamatan   Parongpong Kabupaten Bandung Barat terputus akibat tertutup material longsoran yang terkikis dari tebing setinggi sekitar 15 meter, Rabu 6 November 2019 malam.

Longsor dipicu oleh hujan deras yang mengguyur kawasan itu sejak sore hari. Pelaksana Lapangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat Rudi Wibiksana mengatakan, longsor berasal dari tebing setinggi 15 meter dengan lebar 10 meter. Selain tanah, ada juga bebatuan yang ikut tergerus air hujan.

Akibatnya, warga desa harus memutar atau mengambil jalur alternatif untuk menuju kedua lokasi tersebut. Sebab, lokasi longsor berada di lereng bukit yang diapit tebing dan perairan. "Lima rumah warga juga terancam tergerus longsor, karena masih terlihat ada retakan. Warga diimbau berhati-hati karena khawatir ada longsor susulan," kata Rudi, Kamis (7/11/2019).

Menurutnya, sejauh ini warga desa bersama BPBD tengah membuka akses jalan agar bisa dilalui kembali kendaraan. "Kami sedang berupaya untuk membuka akses. Kami minta agar warga berhati-hati jika hujan kembali mengguyur," katanya.

"Beruntung pada saat longsor itu terjadi tidak ada pengendara sepeda motor maupun pejalan kaki yang melintas di ruas jalan tersebut," katanya. Namun, sedikitnya ada empat rumah yang berada di sekitar lokasi kejadian longsor. Posisi rumah tersebut tepat berada di tebing yang mengalami longsor.

"Untuk itu, kami mengimbau kepada seluruh penghuni di empat rumah tersebut untuk waspada dan segera mengungsi jika terjadi hujan deras. Cari tempat yang aman, jauhi daerah lereng yang berpotensi longsor," tegasnya.

Hingga siang hari petugas dari BPBD, Koramil, Polsek Cisarua dan warga sekitar bergotong royong membersihkan material longsoran yang menimbun badan jalan itu. Untuk sementara jalan tersebut hanya bisa dilalui pejalan kaki. Petugas BPBD Kabupaten Bandung Barat pun telah memasang rambu-rambu peringatan rawan bahaya longsor di lokasi. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,