Iwan Bule Sambut Positif Fabiano Beltrame Di-Naturalisasi

Iwan Bule Sambut Positif Fabiano Beltrame Di-Naturalisasi

Bek Persib Bandung asal Brasil Fabiano Beltrame resmi menyandang Warga Negara Indonesia. (foto - Kemenpora)

Jakarta  -  Ketua   Umum  PSSI   Mochamad  Iriawan  menyambut   positif  tuntasnya  naturalisasi  bek  Persib  Bandung Fabiano Beltrame. Ia kini resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) setelah pengajuan naturalisasinya disetujui Komisi X DPR RI, pada Kamis 7 November 2019.

Persetujuan pengajuan naturalisasi Fabiano diputuskan dalam Rapat Kerja bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, beserta jajarannya di Ruang Rapat Gedung Nusantara I Kompleks DPR/MPR.

Selain Fabiano, pemain basket asal Amerika Serikat Peyton Alexis Whitted juga disetujui naturalisasinya. "Komisi X DPR RI dapat memberikan rekomendasi kewarganegaraan RI kepada Fabiano da Rosa Beltrame dan Peyton Alexis Whitted," kata Ketua Komisi X Syaiful Huda.

"Dengan catatan penetapan kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang, berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku," katanya.

Resminya Fabiano sebagai WNI akan memuluskan langkahnya dalam berkarir sebagai pemain sepakbola di Tanah Air. Sebelumnya, Fabiano tidak bisa berlaga di kompetisi Liga 1 2019 karena masih terkendala proses naturalisasi.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan yang juga menghadiri raker memberikan komentar tentang Fabiano. Pria yang kerap disapa Iwan Bule itu menilai, Fabiano masih bisa berkontribusi bagi sepakbola Indonesia.

Meski Fabiano telah berusia matang, Iwan melihat ia masih memiliki kesempatan untuk berkontribusi bagi sepakbola nasional. Sebagai informasi, Fabiano sempat mendapat kritikan dalam raker itu karena telah berusia 37 tahun.

"Dari segi teknik dan permainan masih bagus, kan bisa saja setelah pensiun dijadikan pelatih atau konsultan. Kita hargai yang bersangkutan," kata Iwan, Jumat (8/11/2019). Fabiano sendiri menanggapi dengan santai kritikan itu dan tidak menganggapnya sebagai teguran.

"Sejak 2005 respons orang-orang selalu baik kepada saya, dan ini jadi semangat saya untuk terus membawa nama Merah Putih ke mana pun saya bertanding," kata Fabiano dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang fasih.

"Memang saya sudah tidak lagi muda, tapi saya yakin bisa memberi yang terbaik," tegasnya. Fabiano memulai karier sepakbola di Indonesia sejak 2005 dengan menjadi pemain Persela Lamongan.

Ia sempat berpindah-pindah ke Persmin Minahasa (2007-2008), kembali ke Persela (2008-2011), Persija Jakarta (2011-2014), Arema Cronus (2014-2015) dan membela Madura United (2016-2018) sebelum akhirnya berlabuh di Persib Bandung pada Maret 2019. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,