Gempa 5,9 SR Guncang Iran, 5 Orang Tewas Ratusan Terluka

Gempa 5,9 SR Guncang Iran, 5 Orang Tewas Ratusan Terluka

Gempa 5,9 SR guncang Iran puluhan rumah rusak. (foto - Associated Press)

Tehran - Sedikitnya lima orang tewas dan ratusan lainnya cedera setelah gempa bumi berkekuatan 5,9 pada skala Richter mengguncang Iran barat laut, Jumat dinihari waktu setempat.
 
Dilansir Independent, (Jumat (8/11/2019) gempa pertama mengguncang wilayah Tark, yakni sebuah daerah pedesaan sekitar 35 mil dari Kota Hashtrud di Provinsi Azerbaijan Timur.
 
Sebanyak 40 kali gempa susulan terjadi hingga memaksa penduduk keluar dari rumah mereka dalam ketakutan. Hal itu membuat banyak warga mengalami luka-luka karena melarikan diri dalam keadaan panik.
 
Pejabat setempat mengatakan, tim penyelamat telah dikirim ke wilayah itu. Namun dengan pusat gempa yang terjadi di pegunungan Alborz yang terpencil sekitar 250 mil barat laut Ibu Kota Teheran, belum ada video atau foto yang disiarkan yang menunjukkan tingkat kerusakan.
 
Kepala Layanan Medis Darurat Iran Pirhossein Koulivand mengatakan, jumlah korban kepada stasiun televisi milik pemerintah. Menurutnya, di antara 312 orang terluka, hanya 13 orang yang perlu menjalani perawatan di rumah sakit.
 
Sementara itu survei Geologi AS mengatakan, pusat gempa berada pada kedalaman yang relatif dangkal, yakni 10 kilometer. Hal itu menyebabkan 30 rumah hancur di sebuah desa di pusat gempa. (Jr.)**
 
 
Sumber: USGS
.

Categories:Internasional,
Tags:,