Reini D. Wirahadikusumah, Rektor Perempuan Pertama ITB

Reini D. Wirahadikusumah, Rektor Perempuan Pertama ITB

Prof. Reini D. Wirahadikusumah (kiri) bersama dua calon rektor dan Ketua MWA ITB Yani Panigoro. (foto - itb)

Bandung - Majelis  Wali  Amanat  (MWA)  Institut  Teknologi  Bandung  (ITB)  menetapkan dan  mengesahkan  Prof.  Reini D. Wirahadikusumah MSCE Ph.D sebagai Rektor ITB periode 2020-2025. Reini menggantikan Rektor ITB periode 2014-2019, Prof. Kadarsah Suryadi.
 
Hal tersebut diputuskan lewat sidang MWA ITB di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta, Jumat (8/11/2019) yang dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.
 
Dalam keterangannya Ketua MWA ITB Yani Panigoro menyatakan, pelantikan rektor ITB periode 2020-2025 akan dilakukan pada Rabu 20 November 2019. Pihaknya telah melakukan berbagai proses pembahasan dan penilaian, sidang terbuka dan tertutup di MWA maupun Senat Akademik ITB selama proses pemilihan rektor sekitar 3,5 bulan.
 
"Dengan berakhirnya pemilihan tentu melelahkan di satu sisi, namun juga menggembirakan di sisi lain. Kami semua di MWA, SA, panitia dan civitas akademika ITB semuanya gembira karena tugas pemilihan telah terlaksana dengan baik dan lancar," kata Yani.
 
Menurutnya, tugas berat menanti civitas akademika ITB terutama rektor terpilih. Sejumlah tantangan yang harus dihadapi mulai dari keberlanjutan peningkatan internal ITB, urusan eksternal ITB sampai WCU (World Class University) yang ditargetkan masuk dalam 200 besar perguruan tinggi dunia tahun 2025.
 
Ia menjelaskan,  sejak dari nominee, bakal calon rektor sampai tahapan calon rektor telah melewati proses yang baik.  Semua calon rektor telah menyampaikan gagasan terbaik sesuai tahapan yang dilalui, sebagai wujud dari semangat dan tanggung jawab untuk ITB yang lebih hebat, bangsa yang kuat, serta teknologi.
 
"Saya mengimbau kepada rektor terpilih agar memanfaatkan berbagai gagasan tersebut secara optimal, sekaligus mengajak semua pihak berkolaborasi untuk keberhasilan," tegas Yani.
 
Diketahui, Pilrek ITB diikuti 30 kandidat yang dikerucutkan menjadi 10 kandidat. Mereka adalah Benyamin Sapiie, Bramantyo Djohanputro, Dwi Larso, Edy Tri Baskoro, Gusti Ayu Putri Saptawati Soekidjo, Jaka Sembiring, Kadarsah Suryadi, Reini D Wirahadikusumah, Togar Mangihut Simatupang, Widjaja Martokusumo.
 
Setelah melalui tahapan debat terbuka dan pemaparan ide gagasan, ke-10 kandidat disaring menjadi 6 orang. Lalu Senat Akademik ITB memilih tiga calon rektor ITB periode 2020-2025 lewat sidang tertutup Senat Akademik. Mereka adalah Jaka Sembiring, Kadarsah Suryadi dan Reini Wirahadikusumah.
 
Ketiganya terpilih dalam sidang tertutup Senat Akademik yang digelar pada 1 November 2019. Berdasarkan Pedoman dan Tata Cara Pemilihan Rektor ITB 2020-2025 yang tertuang dalam Peraturan MWA ITB No. 006/PER/l1.MWA/OT/2019, proses pemilihan Rektor ITB telah selesai dalam empat tahap. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,