Indonesia Miliki Banyak Miliuner

Indonesia Miliki Banyak Miliuner

Jakarta – Pertumbuhan miliuner di Indonesia ternyata jauh lebih tinggi ketimbang dua negara berpenduduk paling besar di Asia, yaitu India dan Tiongkok dalam satu tahun terakhir. India tumbuh sekitar 17,1 persen, sedangkan Tiongkok di kisaran 7,9 persen. Berdasarkan data WealthInsight, saat ini ada 45.300 miliuner di Indonesia, naik dibandingkan posisi sebelumnya tahun lalu 37.000 miliuner.

Tak heran bila Indonesia masuk ke dalam daftar 10 negara dengan presentase pertumbuhan miliuner tertinggi di dunia. Itu artinya semakin banyak orang kaya baru (OKB) di Indonesia saat ini.

Menurut Head of  Consumer Banking Group DBS Indonesia, Steffano Ridwan dalam siaran persnya, Senin (15/09/2014), para miliuner ini dikenal juga dengan sebutan High-Net-Worth Individuals (HNWI), atau mereka yang punya kekayaan pribadi di atas Rp 11 miliar.

Sebagai salah satu pemberi layanan wealth management di kalangan HNWI, DBS Indonesia melihat para miliuner Indonesia ini telah semakin dewasa dalam mengelola keuangan. "Berdasarkan analisis kami, terdapat setidaknya tiga tren utama bagi HNWI di Indonesia," ungkapnya. Ketiga tren tersebut, tambah Steffano, meliputi pasar HNWI semakin dewasa dalam hal finansial, mereka menuntut produk investasi yang lebih canggih, ekspektasi yang tinggi atas peranan relationship manager. Serta revolusi digital adalah tren tak terelakkan. (AY)

.

Categories:Ekonomi,
Tags:,