Ledakan Bom di Timur Laut Suriah Menewaskan 8 Orang

Ledakan Bom di Timur Laut Suriah Menewaskan 8 Orang

Bom meledak di Desa Suluk Tel Abyad timur laut Suriah. (foto - Aljazeera)

 
Istanbul - Sedikitnya delapan orang tewas akibat ledakan bom yang terjadi di wilayah timur laut Suriah. Bom tersebut meledak di wilayah yang diawasi militer Turki.
 
Dilansir Reuters, Minggu (10/11/2019) Kementerian Pertahanan Turki menuding kelompok militer Kurdi YPG, sebagai dalang dalam ledakan itu. Bom meledak di Desa Suluk Tel Abyad Suriah. Wilayah itu disebut telah dikuasai militer Turki sejak serangan militer bulan lalu. Desa Suluk berjarak sekitar 10 km di selatan perbatasan Turki-Suriah. 
 
Seorang saksi mengatakan, sebuah truk kecil meledak di luar toko roti di desa itu. Turki menghentikan agresi militernya setelah mencapai kesepakatan dengan Amerika Serikat dan Rusia, yang menyerukan agar YPG ditarik mundur 30 Km dari perbatasan Suriah dengan Turki.
 
Tentara Turki dan pejuang pemberontak Suriah telah lama melancarkan serangan untuk membersihkan wilayah perbatasan dari kelompok YPG. Turki menganggap kelompok YPG sebagai kelompok teroris karena hubungannya dengan militan Kurdi, yang melancarkan pemberontakan di tenggara Turki.

Serangan itu menuai kritik internasional karena dikhawatirkan dapat merusak upaya mencegah munculnya ISIS di Suriah, dan menambah krisis kemanusiaan lain dalam konflik Suriah. YPG selama ini menjadi sekutu utama Washington dalam pertempuran melawan ISIS di Suriah.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, Rusia dan AS gagal memenuhi komitmen mereka berdasarkan perjanjian bulan lalu agar YPG menarik diri dari perbatasan. Turki dapat melanjutkan serangannya jika perjanjian tidak dipatuhi. (Jr.)**
 
 
.

Categories:Internasional,
Tags:,