Claudia Gadis asal Cirebon Juara The Voice of Germany 2019

Claudia Gadis asal Cirebon Juara The Voice of Germany 2019

Claudia Emmanuela Santoso menangkan audisi The Voice of Germany 2019. (foto - Instagram)

Muenchen - Claudia  Emmanuela  Santoso,  gadis  asal Cirebon  Jabar  menorehkan prestasi yang membanggakan berhasil memenangkan ajang pencarian bakat penyanyi di Jerman di ajang audisi "The Voice of Germany" 2019.
 
Gadis yang akrab disapa Audi itu, sebelumnya sempat menjadi perbincangan hangat di dunia maya. Hal itu setelah penampilannya yang memukau para dewan juri di panggung audisi The Voice Jerman. Penampilan Claudia mampu memukau dewan juri hingga memberikan standing ovation.
 
Puncak acara The Voice of Jerman digelar di Kota Muenchen Jerman, pada 10 November 2019. Claudia keluar sebagai juara di ajang tersebut, setelah berhasil mengalahkan kontestan lain. "Herzlichen GlÃckwunsch! Claudia Emmanuela Santoso gewinnt die 9. Staffel von The Voice of Germany (Selamat! Claudia Emmanuela Santoso memenangkan musim ke-9 The Voice of Germany)," demikian tulis akun resmi the Voice of Germany di Instagram.
 
Dalam penampilannya di final, Claudia Emmanuela Santoso membawakan lagu Whitney Houston berjudul "I Have Nothing". Claudia pun mendapatkan nilai tertinggi dan menyisihkan empat kontestan lainnya.
 
Claudia Emmanuela berada di peringkat pertama dengan 46,39 persen. Ia unggul jauh dari kontestan lainnya. Sedangkan di posisi kedua ditempati Erwin Kintop dengan perolehan 17,36 persen. Claudia pun mendapat ucapan selamat dari warganet. Mereka memenuhi kolom komentar akun resmi The Voice of Germany.
 
Diketahui, salah seorang juri sampai menitikkan air mata melihat penampilan Claudia. Salah satu juri yakni Alice Merton sampai menitikan air mata, saat mendengar lagu yang dibawakan Claudia. Ia tampak maju ke depan panggung dan memeluk Claudia.
 
Claudia juga sempat diminta untuk menyanyikan ulang lagu tersebut. Ia pun kembali mendapat apresiasi dari juri dan para penonton yang memenuhi seisi studio. Penampilan Claudia di panggung The Voice Jerman mampu mencuri hati keempat juri The Voice Jerman. Antara lain Mark, Alice, Sido dan Rea. Mereka sampai memberikan standing ovation untuk Claudia.
 
Claudia berasal dari Kabupaten Cirebon merupakan anak pertama dari pasangan suami istri Indra Gunawan Santoso dan Christin Gunawan. Setelah mengetahui Audi suka bernyanyi, Christin menempatkan Claudia di sekolah musik sejak usia empat tahun.
 
"Saya masukkan Audi ke les atau sekolah musik sejak usia empat tahun di dalam dan juga luar Cirebon. Kita berjuang lumayan keras, hingga kelas 2 SMA atau selama sekitar 11 atau 12 tahun kursus musik," kata Christin.
 
Claudia pun terus melatih kemampuan tarik suaranya dan mengikuti berbagai audisi, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah hingga pihak swasta. Ia hijrah ke Jerman pada 2018 untuk melanjutkan studi di Kota Muenchen. Namun, sebelum mengenyam pendidikan di universitas, sistem pendidikan Jerman mewajibkan pelajar asing menempuh les bahasa Jerman.
 
Ia sempat menjalani les bahasa selama setahun lalu mendaftar ke perguruan tinggi yang diminati. Namun, belum berhasil. Pada Januari 2019, Claudia melihat iklan yang berisi jadwal audisi The Voice of Germany yang dimulai Februari 2019.
 
Ia mengaku sangat tertarik dan ingin mencoba mendaftar ajang pencarian bakat itu. Claudia pun lalu mendaftarkan diri secara online. "Daftarnya semua di sini. Namun itu untuk kayak organisatorisnya, kayak masukin nama. Kita tidak langsung datang ke sana," aku Claudia.
 
"Jadi lewat online biar kita tahu kalau kita itu audisi di jam berapa begitu. Aku waktu itu memilih, lalu kita dikasih tahu jamnya," lanjutnya. Menurutnya, setiap hari audisi dimulai pada pukul 10.00 hingga 18.00 waktu setempat.
 
Setiap jam ada 100 peserta yang dibagi dalam empat rombongan, dan tiap rombongan ada 25 peserta yang bersaing. Peserta The Voice of Germany bukan hanya orang yang tinggal di Jerman. Ada juga peserta dari Austria dan Swiss. "Dalam sehari ada 800 orang yang audisi dan berlangsung dua hari. Jadi total ada 1.600 orang, belum termasuk dari kota lain," katanya.
 
Setiap rombongan audisi akan dipilih lima orang untuk masuk ke tahap wawancara. Claudia berhasil lolos dengan menyanyikan lagu "The Power of Love". Babak selanjutnya yang diambil cuma dua orang untuk di-interview. Lalu mereka dipanggil ke Berlin. (Jr.)**
 
 
Claudia Emmanuela Santoso saat tampil di audisi The Voice of Germany 2019. (foto - Instagram)

.

Categories:Musik,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait