Badai & Hujan Es Terjang Serang Puluhan Pohon Bertumbangan

Badai & Hujan Es Terjang Serang Puluhan Pohon Bertumbangan

Pohon tumbang di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten. (foto - ist)

Serang - Puluhan pohon dan tower tumbang saat hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Kota Serang Banten. Hujan disertai es sebesar kelereng terjadi di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B).
 
Pohon berukuran besar tumbang di depan kantor Satpol PP, Dinas Pendidikan, Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah. Bahkan, 2 tower jaringan milik Kominfo pun tumbang. Termasuk lahan parkir di Kantor Terpadu Banten yang roboh menimpa mobil.
 
Menurut prakirawan cuaca BMKG Serang Rofikoh, cuaca ekstrem di Kota Serang dan sekitarnya diakibatkan karena masa transisi antara musim kemarau dan hujan. Di beberapa tempat hujan disertai angin besar dan es.

Bahkan, hasil observasi BMKG Serang khususnya di kawasan Taktakan curah hujan sampai 22 milimeter dalam waktu kurun 1 jam. "Itu sudah dalam kategori ekstrem," kata Rofikoh, Rabu (13/11/2019).

Ia menjelaskan, di sejumlah titik seperti di KP3B kecepatan angin mencapai 25 knot per jam. "Kalau dari unsur hujan sudah ekstrem, apalagi ada hujan es," katanya.

Masa transisi atau peralihan ini katanya, akan berlangsung selama 1 bulan ke depan. Cuaca bisa tiba-tiba hujan dan panas kembali, sedangkan musim hujan di Kota Serang akan berlangsung pada awal Desember. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,