Sejumlah Rumah di Buleleng Rusak Akibat Gempa 5,1 SR

Sejumlah Rumah di Buleleng Rusak Akibat Gempa 5,1 SR

Rumah di Desa Musi Buleleng rusak akibat gempa 5,1 SR, Kamis 14 November petang. (foto - ist)

Buleleng - Sejumlah bangunan dan pertokoan yang berada di wilayah Kabupaten Buleleng mengalami kerusakan akibat gempa berkekuatan 5,1 SR mengguncang wilayah itu, Kamis (14/11/2019) sekitar pukul 17.21 WIB.
 
Pusat gempa tersebut berlokasi di koordinat 8,16 Lintang Selatan (LS) dan 114,90 Bujur Timur (BT), atau sekitar 21 kilometer barat daya Buleleng Bali. Gempa berada pada kedalaman 10 kilometer.
 
"Warga melaporkan, salah satu rumah di Pangkung Paruk Seririt dan toko milik Sachrul Ramdani di Desa Musi Gerokgak mengalami kerusakan. Staf langsung meluncur untuk asesmen," kata Kepala Pelaksana BPBD Buleleng Ida Bagus Suadnyana, Kamis (14/11/2019).

Berdasarkan foto yang beredar, terlihat atap rumah di Pangkung Paruk jatuh dan kerangka atap rumah  itu pun terlihat berlubang. Sementara di toko milik Sachrul terlihat tembok rumah retak-retak.
 
Retakan tersebut terlihat cukup besar hingga plester dinding itu gempil di atas freezer es krim. Gempa yang berpusat di Buleleng Bali itu juga dirasakan terjadi dua kali. Warga yang merasakan gempa berhamburan keluar rumah.
 
"Iya, sangat terasa getarannya," kata salah seorang warga Buleleng, Gede Suardana. Diakui, dirinya sedang melayani pembeli di tokonya yang terletak di Jalan A Yani Singaraja Buleleng. Ia menyebut, pembeli dan karyawan juga berteriak ketika merasakan gempa ini.
 
"Bangunan di sepanjang Jalan A Yani Singaraja pun pada bergoyang. Warga dan karyawan berlari keluar dan berteriak gempa," tegas Gede. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,