Pasien RSU Dharma Ibu Ternate Sempat Dievakuasi Saat Gempa

Pasien RSU Dharma Ibu Ternate Sempat Dievakuasi Saat Gempa

Suasana di RSU Dharma Ibu Ternate saat diguncang gempa 7,1 SR. (foto - ist)

Ternate - Gempa bumi berkekuatan 7,1 pada skala Richter mengguncang wilayah Jailolo Kabupaten Halmahera Barat Maluku Utara, pada Kamis 14 November pukul 23.17 WIB. BMKG sempat mengeluarkan peringatan dini tsunami yang telah dicabut, Jumat (15/11/2019) pukul 01.45 WIB.
 
Para pasien yang dirawat di Rumah Sakit Umum (RSU) Dharma Ibu Ternate tidak diungsikan, meski rumah sakit tersebut berada di dataran rendah yang lokasinya tak jauh dari laut.
 
Para perawat dan petugas rumah sakit sempat menyelamatkan sejumlah pasien keluar dari ruangan, untuk menghindari terjadinya reruntuhan saat gempa terjadi.
Namun beberapa saat kemudian, para pasien kembali dimasukkan ke ruangan masing-masing, setelah memastikan tidak ada gempa susulan.
 
Berdasarkan pengakuan salah seorang perawat RSU Dharma Ibu, ketika gempa terjadi seluruh pasien dikeluarkan dari ruangan karena takut adanya runtuhan bangunan.
 
"Tadi saja saat gempa seluruh pasien dibawa ke luar ruangan, tapi setelah itu dibawa masuk lagi,” katanya. "Tidak ada pengungsian pasien, hanya tadi saat gempa sempat dibawa keluar," lanjutnya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,