Gedung St. Angela Dibongkar tanpa Izin, Pemkot Dinilai Lalai

Gedung St. Angela Dibongkar tanpa Izin, Pemkot Dinilai Lalai

Pembongkaran gedung St. Angela di Jalan Merdeka Bandung. (foto - whatsapp)

Bandung - Gedung  yang  masuk  cagar  budaya  (BCB)  Kota Bandung dibongkar tanpa izin dari Pemkot Bandung. Gedung tersebut yakni sekolah Santa Angela yang berlokasi di Jalan Merdeka, tepat di samping Balaikota Bandung.
 
Pembongkaran dengan dalih renovasi itu menambah daftar panjang gedung BCB yang dibongkar pemiliknya, tanpa koordinasi baik dengan tim cagar budaya maupun dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.
 
Pihak kontraktor dan pengelola sendiri terus melakukan pembongkaran gedung sekolah tersebut, meski sudah ada kesepakatan tidak akan mengubah bahkan mengganti bahan bangunan.
 
"Gedung St. Angela masuk bangunan cagar budaya golongan A, yang seharusnya mendapat perhatian lebih dari pemilik  maupun pemerintah," kata Tim Ahli Cagar Budaya Kota Bandung David Bambang Soediono kepada wartawan, Kamis (21/11/2019) sore.
 
Namun demikian, mereka tetap melanjutkan pembongkaran dan tidak ada satu pun dari mereka yang mau menemui tim ahli cagar budaya. David pun menyayangkan atas kebebalan kontraktor dan pengelola St. Angela.
 
"Padahal mereka sudah mendapat peringatan dari Pemkot. Disayangkan juga keterlambatan pihak terkait (Pemkot Bandung) yang lamban menangani masalah itu. Kalau terus dibiarkan dan diberi kelonggaran, akan semakin habis bangunan cagar budaya di Kota Bandung," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,