Hujan Deras, Rumah di Rajapolah Ambruk Tebing di Ciawi Longsor

Hujan Deras, Rumah di Rajapolah Ambruk Tebing di Ciawi Longsor

Rumah warga di Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya ambruk. (foto - ist)

Tasikmalaya - Sebuah rumah yang berada di Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya ambruk akibat hujan deras yang disertai angin kencang, Kamis 21 November malam.
 
Rumah yang ambruk tersebut diketahui milik Herman (77), warga Sindangsari Desa Manggungjaya Rajapolah. Aparat Polsek Rajapolah bersama Koramil setempat serta warga mengevakuasi penghuni rumah ke lokasi aman.
 
Rumah berdinding tembok tanpa plesteran tersebut ambruk terutama pada bagian atapnya. Beruntung tidak sampai menimbulkan korban luka maupun jiwa dalam kejadian tersebut.
 
Saat bersamaan, tebing di Kampung Dukuh Desa Margasari Kecamatan Ciawi longsor menimpa jalan desa serta persawahan di bawahnya. Hingga Jumat (22/11/2019) kondisi di lokasi masih belum pulih karena sulitnya menyingkirkan material longsoran.
 
"Longsor terjadi karena di lokasi turun hujan dengan intensitas cukup deras. Saat kejadian tidak ada warga yang tengah melintas. Kami bersama aparat terkait dan warga masih berupaya memulihkan kondisi di lapangan," kata Kapolsek Cciawi Kompol Dies Ratmono.
 
Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tasikmalaya Wawan Effendi mengatakan, pihaknya telah meminta jajaran kecamatan dan desa mulai mewaspadai bencana memasuki musim hujan.
 
Kewaspadaan terutama dilakukan di daerah rawan longsor dan banjir. "Potensi bencana di awal musim hujan cukup tinggi, mengingat struktur tanah yang kering dan pecah-pecah akibat musim kemarau hingga berpotensi longsor," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,