Lebih dari 2.000 Santri Berkompetisi pada Pospenas VIII 2019

Lebih dari 2.000 Santri Berkompetisi pada Pospenas VIII 2019

Menag Fachrul Razi buka Pospenas VIII 2019 di Gedung Youth Center Kompleks Sport Jabar Arcamanik Bandung. (foto - ist)

Bandung - Menteri  Agama  Fachrul  Razi  membuka  Pekan Olahraga dan  Seni  Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) VIII tahun 2019 di Gedung Youth Center Kompleks Sport Jabar Arcamanik Jalan Pacuan Kuda Bandung, Senin (25/11/2019).
 
Sebanyak 1.541 santri akan berkompetisi pada berbagai cabang olahraga, dan 589 santri mengikuti perlombaan seni yang digelar di sejumlah arena di Kota Bandung hingga Sabtu 30 November 2019.
 
"Ajang ini tidak untuk saling mengalahkan, tapi lebih saling mengenal di antara para santri. Kalau menang, Alhamdulillah. Junjung tinggi sportivitas," kata Fachrul yang memekikan jargon santri sehat, santri cerdas dan santri amanah untuk membakar semangat santri.
 
Pembukaan yang dirancang Dinas Pemuda dan Olahraga Jabar itu pun berlangsung cukup meriah. Sebanyak 500 santri Kota Bandung memulai dengan senam juara bugar insani, sebagai pengantar menuju pertunjukan kesenian khas Jabar. Antara lain pertunjukan Raja Dogar hingga atraksi Pencak Silat Ciung Wanara. Defile dari kontingen 34 provinsi peserta Pospenas 2019 menjadi pengantar pembukaan resmi.
 
"Santri yang jadi urat nadi dari penyelenggaraan event 3 tahunan itu menjadi wahana menjaga jati diri pondok pesantren, yakni berlomba dalam kebaikan demi mengharap rida Allah SWT. Filosofi itu yang mendorong santri untuk meraih prestasi dan kreasi dalam olahraga dan seni, guna mengukuhkan karakter sportifitas kebersamaan dan budaya untuk kejayaan bangsa," tegas Fachrul.

Pospenas 2019 mengangkat tema "Santri Indonesia, Disiplin, Optimis, Gembira, Aktif, Religius", dengan mempertandingkan 66 nomor pada 6 cabang olahraga. Yakni atletik, bola voli, futsal, silat, senam santri dan olahraga tradisional "hadang".

Bukan hanya berolahraga, para santri juga akan mengikuti pekan kesenian. Meliputi kaligrafi islami, pidato tiga bahasa, seni lukis islami, seni kriya islami, hadrah, cipta dan baca puisi serta pertunjukan komedi tunggal (stand up comedy).

Seluruh peserta juga didampingi 960 pendamping dan ofisial, sehingga ajang itu melibatkan 3.090 elemen pesantren.  Pertandingan digelar di beberapa lokasi, selain di Kompleks Sport Jabar Arcamanik.

Cabang futsal digelar di Queen Futsal jalan Katamso dan Futsal 35 Antapani, cabang silat di GOR Tri Lomba Juang Pajajaran serta cabang seni di Kampus UIN Sunan Gunung Jati Cibiru Bandung.

Pospenas 2019 terselenggara atas kerja sama dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Agama (Leading Sector), Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Pariwisata, dengan bantuan peran aktif tuan rumah Pemprov Jabar. (Jr.)**
.

Categories:Olahraga,
Tags:,