Pelabuhan Patimban disiapkan jadi gerbang ekspor otomotif

Pelabuhan Patimban disiapkan jadi gerbang ekspor otomotif

Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang Jabar. (foto - ist)

Subang  -  Keberadaan  Pelabuhan  Patimban   ditargetkan  selesai  pada  2027  akan  menjadi  gerbang  untuk  melayani ekspor otomotif dari Indonesia. Demikian disampaikan Presiden Jokowi ketika meninjau progres pembangunan Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang Jabar, Jumat (29/11/2019).

"Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang kita harapkan akan menjadi sebuah pelabuhan besar pada tahun 2027. Memang pekerjaannya besar sehingga tahapannya dalam jangka panjang," katanya.

Menurutnya, pada tahap pertama investasi yang diperlukan sekitar Rp 29 triliun. Sedangkan total nilai investasi yang diperlukan hingga selesai tahun 2027 bisa mencapai Rp 50 triliun. Total luas area pelabuhan Patimban mencapai 654 hektar. Dari jumlah itu, 300 hektar di antaranya akan diperuntukkan bagi peti kemas dan terminal kendaraan.

"Ini akan menjadi gerbang ekspor mobil dari industri otomotif kita," tegas Jokowi. Sementara lahan seluas 354 hektar lain disiapkan untuk back-up area. Untuk kapasitas pelabuhannya sebesar 7,5 juta TEUs. "Progresnya bagus dan kita harapkan tahap pertama bisa diselesaikan pada Juni tahun depan," lanjutnya.

Sementara pembangunan akses menuju pelabuhan Patimban menurutnya, saat ini akses jalan non-tol sudah dikerjakan dan hampir selesai, yang ditargetkan selesai antara April - Juni tahun 2020. "Perkembangannya tidak ada masalah. Tinggal fasilitas tol sepanjang 37 km dari Tol Cipali menuju ke lokasi, sehingga bisa efisien".

Keberadaan Pelabuhan Patimban yang merupakan terbesar kedua setelah Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta, diharapkan akan mendongkrak daya saing Indonesia. Arahnya bakal menjadi pelabuhan khusus untuk mobil dan otomotif lainnya.

"Meski produk yang lainnya juga enggak ada masalah. Kita ingin menjadi sebuah hub terbesar bagi produksi otomotif, sehingga ekspor antara lain ke Australia, New Zealand atau negara ASEAN lainnya nantinya melalui Pelabuhan Patimban," tegas Jokowi. (Jr.)**

.

Categories:Ekonomi,
Tags:,