Pembukaan SEA Games 2019 tampilkan kesan Keberagaman

Pembukaan SEA Games 2019 tampilkan kesan Keberagaman

Pembukaan SEA Games 2019 di Philipine Arena Bulacan Manila. (foto - ist)

Manila - Perhelatan  SEA  Games  2019  di  Filipina  resmi  dibuka.  Tarian  daerah lokal  dan defile  ribuan  atlet  menandai pembukaan pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara tersebut, Sabtu (30/11/2019) malam.

Upacara pembukaan atau opening ceremony SEA Games 2019 berlangsung meriah di Philipine Arena Bulacan Manila. Kemeriahan defile dari ribuan atlet serta tari-tarian menandai dibukanya pesta olahraga dua tahunan tersebut.

Kontingen Indonesia sendiri tampak semringah mengikuti defile atlet. Di barisan terdepan terdapat bendera Merah Putih dibawa Ridjkie Mulia, si peraih emas pertama bagi Indonesia di ajang tersebut lewat cabang polo air putra.

Kontingen Indonesia pada defile pembukaan SEA Games 2019 Filipina.
 

Panitia SEA Games 2019 juga menugaskan 11 perempuan cantik untuk mengusung bendera negara kontestan. Miss World 2013, Megan Young mendapat kesempatan istimewa membawa bendera Merah Putih, pada sesi berbeda dalam upacara itu.

Pertunjukan dan tari-tarian dalam opening ceremony SEA Games 2019 menampilkan tema inklusif yang kuat. Mulai dari tarian prajurit yang kompleks, hingga perjuangan dari sejumlah kelompok yang terpinggirkan di Filipina.

Koreografi yang salah satunya hasil besutan Floy Quintos itu pun menampilkan pesan keberagaman dan persatuan yang kuat. Hal itu senada dengan jargon SEA Games 2019, yakni "We Win as One" sekaligus selaras dengan sambutan Presiden Filipina Rodrigo Duterte. (Jr.)**

.

Categories:Olahraga,
Tags:,