4 Bunga Raflesia Arnoldi Mekar Hampir Bersamaan di Agam

4 Bunga Raflesia Arnoldi Mekar Hampir Bersamaan di Agam

Empat Raflesia Arnoldi Mekar Bersamaan di Kabupaten Agam. (foto - ist)

Agam  -  Balai  Konservasi  Sumber  Daya  Alam  (BKSDA)  Resor  Agam  Sumatera  Barat   (Sumbar),  menemukan  kuncup bunga langka jenis Rafflesia Arnoldi di Nagari Paninjauan Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam.

Berdasarkan keterangan Unit Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) BKSDA Agam Ade Putra menyatakan, dari hasil penelusuran pihaknya menemukan 4 kuncup bunga Rafflesia. Dari keempat bunga Rafflesia itu, dua diantaranya sedang mekar sempurna pada hari kedua, sedangkan dua lagi sudah melewati masa mekar atau sudah membusuk.

"Pada titik pertama, kita menemukan individu yang sudah mekar sempurna, dengan diameter mencapai 90 cm dan diperkirakan sudah usia 1 minggu. Selain itu diperkirakan dalam 1 minggu hingga 1 bulan ke depan akan ada 5 knop bunga yang yang akan mekar," kata Ade, Rabu (11/12/2019).

Bahkan, pada titik kedua ia menemukan dua individu yang mekar sempurna dengan diameter 90 cm dan 91, serta bongkol/knop yang menempel pada batang pohon dalam jumlah banyak menyerupai kumpulan biji salak. "Kalu kita perkirakan ada puluhan bunga Rafflesia baik yang mekar sempurna dan bongkolannya," katanya.

Ade menjelaskan, saat ini di Kabupaten Agam terdapat 13 titik sebaran populasi bunga Rafflesia, yang sebagian besar terdapat di wilayah sekeliling Danau Maninjau. Untuk seluruh titik pihaknya sudah memasang plang imbauan, agar tidak mengganggu habitat bunga langka tersebut.

"Bunga Rafflesia merupakan tumbuhan langka dan dilindungi oleh Undang-Undang No. 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati, yang ekosistemnya tidak boleh diganggu atau dirusak," tegas Ade Putra. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,