Bank Dunia Prediksi Ekonomi RI hanya tumbuh 5% pada 2019

Bank Dunia Prediksi Ekonomi RI hanya tumbuh 5% pada 2019

Ekonomi Indonesia pada 2019 melambat dipengaruhi melemahnya investasi dalam negeri. (foto - ilustrasi)

Jakarta - Bank  Dunia  menurunkan  proyeksi  pertumbuhan  ekonomi  Indonesia  hingga akhir  2019.  Diprediksi, ekonomi Indonesia hanya akan tumbuh 5,0 persen pada tahun ini.

Angka tersebut lebih rendah dari proyeksi mereka sebelumnya yang mencapai 5,1 persen. Ekonom Bank Dunia, Frederico Gil Sander mengatakan, prediksi tersebut dibuat dengan mempertimbangkan perkembangan investasi.

Menurutnya, investasi di dalam negeri belakangan ini melemah. Pelemahan salah satunya dipicu oleh penurunan harga komoditas. Selain itu, penurunan juga terjadi akibat perlambatan konsumsi.

Meski demikian, ia memperkirakan pelemahan terseut tidak akan berlangsung terlalu lama. Pada 2020 mendatang, ekonomi Indonesia diperkirakan akan membaik menjadi 5,1 persen.
 
Perbaikan disebabkan oleh kondisi makro-ekonomi dalam negeri yang kuat. "Hal tersebut akan mendukung terhadap pertumbuhan ekonomi yang tetap terjaga," kata Sander, Rabu (11/12/2019).

Selain itu, perbaikan pertumbuhan ekonomi didorong oleh penurunan ketegangan dagang, khususnya antara Amerika Serikat dengan Cina. Perbaikan pertumbuhan ekonomi juga akan didorong penurunan ketegangan politik di dalam negeri.
 
Kendati demikian, pemerintah tidak boleh terlena dengan kondisi itu. "Ketegangan perdagangan yang berkepanjangan bisa membawa risiko bagi harga komoditas dan sentimen bisnis global," katanya. Kewaspadaan juga harus ditujukan pada risiko perlambatan ekonomi Cina. (Jr.)**

 

.

Categories:Ekonomi,
Tags:,