Kabinet Jokowi-JK Berisikan 34 Menteri

Kabinet Jokowi-JK Berisikan 34 Menteri

Kabinet Jokowi-JK Berisikan 34 Menteri

Jakarta – Seperti yang sudah diduga sebelumnya, Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan Wakilnya Jusuf Kalla (JK), akhirnya menetapkan kabinetnya dengan 34 kementerian. "Jumlahnya ada 34 kementerian," kata Jokowi di Kantor Transisi, Jl. Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (15/09/2014).

Dengan 34 kementerian, itu artinya struktur kabinet pemerintahan Jokowi-JK tidak mengalami perubahan, atau sama seperti di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Cuma memang dilihat dari komposisinya yang mungkin agak berbeda. Sebab Kabinet Jokowi-JK akan diisi lebih banyak orang-orang professional. "Ini pembagiannya akan diisi oleh 18 profesional dan 16 profesional-partai," kata mantan Wali Kota Solo ini.

Kabinet Jokowi-JK tetap mempertahankan 3 kemenko. Namun wakil menteri di beberapa kementerian sudah dipastikan akan dihapuskan. Hanya satu saja yang dipertahankan, yakni di Kementerian Luar Negeri. "Wamen sementara itu penilaian kita yang mungkin diperlukan adalah di Kemenlu," ujar Gubernur DKI Jakarta ini.

Mengenai nama-nama menteri di kabinetnya, menurut Jokowi, belum akan diumumkan dalam waktu dekat. "Nama-nama kementerian baru akan kita sampaikan di lain waktu karena kemarin belum final. Masih ada waktu satu bulan. Nanti disampaikan setelah ini," ungkapnya.

Ketika ditanya tentang kriteria calon-calon menteri, Jokowi juga belum mengungkapkannya. Ia merasa masih ada waktu untuk mengumumkannya. "Nanti kalau ini sudah selesai, baru kita siapkan kriteria menterinya seperti apa. Masih tanggal 20, sudah ngejar-ngejar saja," singkat Jokowi.

Namun saat penetapan tersebut, orang nomor satu di DKI Jakarta yang terkenal dengan program blusukannya ini, sempat memberikan bocoran kalau Kementerian Keuangan, BUMN, ESDM, dan Pertanian, akan diisi oleh kalangan profesional.

"Di antaranya (Menteri) Keuangan, kemudian BUMN, kemudian Kementerian ESDM, Pertanian," ungkap Jokowi dalam jumpa pers di Rumah Tim Transisi Jokowi-JK. (AY)

.

Categories:Politik,
Tags:,