Sidang kasus 'Vina Garut' lanjut JPU Yakin VA Bukan Korban

Sidang kasus 'Vina Garut' lanjut JPU Yakin VA Bukan Korban

Tersangka VA sebelum mengikuti jalannya sidang. (foto - ist)

Garut - Sidang  lanjutan  kasus  video  mesum  "Vina  Garut"  digelar  di Pengadilan  Negeri (PN) Garut, Kamis (19/12/2019). Sidang digelar dengan agenda menghadirkan saksi ahli hukum pidana umum dari Universitas Islam Bandung (Unisba).

Kasi Pidana Umum (Pidum) Kejaksaan Negeri Garut Dapot Dariarman mengatakan, sesuai jadwal hari ini akan digelar sidang lanjutan dengan menghadirkan ahli hukum pidana. "Agendanya menghadirkan saksi ahli hukum pidana," katanya.

Sidang yang digelar di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Garut Jalan Merdeka Garut berlangsung tertutup. Tiga terdakwa masing-masing pemeran perempuan video "Vina Garut" masing-masing VA, Wl dan Ad hadir di ruang sidang. "Jadi sidangnya memang tertutup untuk umum," tegas Dapot.

Sidang kasus video mesum "Vina Garut" baru dimulai pukul 13.30 WIB. Di luar ruang sidang hanya terlihat sejumlah petugas Kejaksaan Negeri Garut yang berdiri di depan pintu masuk. Sejumlah keluarga terdakwa tampak hadir dan menunggu di ruang tunggu, yang disediakan pihak Pengadilan Negeri Garut.

Dapot menyatakan, saksi ahli hukum pidana dari Unisba hanya menjelaskan terkait pasal yang menjerat terdakwa. Saksi menerangkan sesuai keahliannya. "Dia (saksi) menjelaskan sesuai keilmuannya. Apakah kasus itu masuk pidana atau tidak. Nanti majelis hakim akan mengambil keputusan," katanya.

Sejauh ii, Dapot masih yakin dengan dakwaannya jika terdakwa VA bukan sebagai korban. Apalagi VA memang terlibat dalam kasus itu. "Nanti lihat saja hasil persidangannya. Kami yakin para terdakwa termasuk VA memang bersalah. Dasar VA jadi korban itu darimana. Nanti di sidang akan dibuktikan," tegasnya.

Diketahui, kasus video mesum "Vina Garut" mulai muncul melalui media sosial Twitter @kabarsange1. Terdapat dua video masing adegan threesome (gangbang) yang berdurasi 1 menit 7 detik dan berdurasi 1 menit 30 detik.

Setelah dilakukan pengungkapan kasus oleh unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Garut, terungkap 113 video lainnya. Ratusan video itu ditemukan di dalam memori telepon genggam milik almarhum A alias Rayya yang merupakan mantan suami VA. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,