Informasi Seputar Sekolah Kedinasan STAN dan IPDN

Informasi Seputar Sekolah Kedinasan STAN dan IPDN

Informasi Seputar Sekolah Kedinasan STAN dan IPDN. (foto - edulab)

1. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)
 
STAN, mungkin dari sebagian kamu sering mendengar sekolah ikatan dinas itu atau mungkin STAN adalah cita-cita kamu? Buat kamu yang belum tahu sekolah ikatan dinas itu seperti apa? Nah jadi yang dimaksud ikatan dinas ini adalah sekolah yang diselenggarakan oleh negara yang bertujuan menghasilkan sumber daya manusia, yang dibutuhkan untuk mengisi posisi khusus di setiap departemen di negara Indonesia.
 
·         Prospek Kerja
Buat kamu yang ingin masuk STAN, tenang saja lulusan dari STAN langsung ditempatkan di berbagai posisi sesuai jurusan yang akan kamu ambil. Contohnya akan ditempatkan menjadi Ditjen Pajak, Ditjen Pembendaharaan, Ditjen Pengelolaan Utang, dan Ditjen Kekayaan Negara. Jadi kamu akan pasti mendapatkan pekerjaan setelah lulus dari STAN ini loh.
 
·         Biaya Perkuliahan
Selain itu, seperti yang kamu ketahui bahwa Kampus PKN STAN tidak mengenakan biaya kepada mahasiswanya alias gratis. Tapi, yang dimaksud gratis di sini adalah biaya operasional pendidikan saja, dan tidak termasuk dengan biaya hidup pribadi. Biaya hidup pribadi itu seperti uang kos, uang makan, uang jajan, uang keperluan harian lainnya, itu jadi tanggung jawab mahasiswa sendiri.
 
Biaya uang pendaftaran, biaya kelembagaan atau daftar ulang, dan biaya wisuda, ditanggung sendiri juga yaa. Nah kalau sekolah kedinasan memiliki seragam khusus yang mencirikan setiap almamater kedinasan beda-beda jenis dan warna seragamnya. Seragam tersebut biayanya ditanggung sendiri juga ya.
 
·         Situasi Global
 
Sebagian besar lulusan STAN akan ditempatkan di Kementerian Keuangan, keren banget kan, jadi nantinya akan langsung mengikuti tes untuk menjadi PNS. Namun, ada juga sebagian lulusan yang akan ditempatkan di Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman, Kementerian Pertahanan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Badan Pemeriksa Keuangan, Badan Pengawasan dan Pembangunan Keuangan, Badan Narkotika Nasional, dan Badan Ekonomi Kreatif.
 
2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)
 
Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau yang sering disebut “IPDN” adalah salah satu Lembaga Pendidikan Tinggi Kedinasan dalam lingkungan Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia, yang bertujuan mempersiapkan kader pemerintah, baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat. Pada tanggal 10 Oktober 2007, dalam sebuah sidang kabinet, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, memutuskan untuk menggabungkan STPDN dengan Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) menjadi IPDN.
·         Mengapa kamu harus memilih IPDN?
Karena tidak ada sekolah lain selain IPDN yang berfokus pada pendidikan tinggi kepamongprajaan. Pendidikan tinggi kepamongprajaan adalah pendidikan melatih diri menjadi aparatur yang baik dalam melayani masyarakat. Lulusan IPDN sudah tersebar di seluruh Indonesia dan terbukti kualitasnya dari mulai lurah sampai Dirjen dan Sekjen. Kedisiplinan dan Intelektual adalah kunci untuk menata birokrasi Revolusi Mental yang baru dilaksanakan di Indonesia pada tahun 2014, tetapi hal tersebut sudah diterapkan kepada Praja sejak IPDN dibentuk.
 
Para Praja di IPDN memiliki kegiatan selama 24 jam yang sangat terprogram dan teratur seperti aerobik pagi, makan, apel, kuliah, olahraga, belajar dan istirahat. Kegiatan tersebut mempunyai tujuan agar Praja menjadi disiplin dan sehat jasmani rohani. Kegiatan Perlombaan dan Ekstrakulikuler di tingkat internasional juga sering dilakukan oleh mereka, contohnya seperti berenang, sepak bola, panjat tebing, drum band, dan paduan suara.
 
Seluruh praja IPDN diwajibkan memiliki kegiatan ekstrakurikuler. Di IPDN juga terdapat kegiatan Integrasi dan pertukaran siswa antara militer, polisi, universitas baik nasional maupun internasional dan kegiatan Organisasinya sudah diakui sampai ke pemerintahan pusat.
 
·         Fakultas di IPDN
 
Fakultas yang tersedia di IPDN yaitu sebagai berikut :

-          Fakultas Politik Pemerintahan

Fakultas ini memiliki 2 jurusan seperti jurusan Kebijakan Pemerintahan dan Politik Pemerintahan

-          Fakultas Manajemen Pemerintahan

Fakultas ini terdiri dari 5 jurusan seperti jurusan Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Pembangunan, Manajemen Pemerintahan, dan Kebijakan Pemerintahan/
 
·         Persyaratan masuk IPDN
 

Berikut persyaratan masuk IPDN yang harus kamu perhatikan, diantaranya yaitu :

1. Tidak sedang menjalani atau terancam hukuman pidana karena melakukan kejahatan.

2.Tidak bertindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya bagi peserta pria, kecuali karena ketentuan agama/adat.

3. Tidak bertato atau bekas tato.

4. Tidak menggunakan kacamata/lensa kontak.

5. Belum pernah menikah/kawin, bagi pendaftar wanita belum pernah hamil/melahirkan.

6. Belum pernah diberhentikan sebagai Praja IPDN dan perguruan tinggi lainnya dengan tidak hormat.

7. Apabila pendaftar dinyatakan lulus dan dikukuhkan sebagai Praja IPDN, maka pendaftar sanggup tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan.

8. Bersedia diangkat menjadi CPNS/PNS dan ditugaskan/ditempatkan di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia.

9.  Bersedia ditempatkan pada proses pembelajaran di seluruh kampus IPDN.

10. Bersedia mentaati segala peraturan yang berlaku di IPDN.

11. Bersedia diberhentikan sebagai Praja IPDN jika melakukan tindakan kriminal, mengkonsumsi dan menjual belikan narkoba, melakukan perkelahian, pemukulan, pengeroyokan, menyebarkan paham radikalisme dan melakukan tindakan asusila atau penyimpangan seksual (LGBT).

12. Bersedia dikembalikan ke daerah masing-masing tanpa biaya dari IPDN apabila terbukti melakukan pemalsuan identitas/dokumen atau tidak memenuhi persyaratan pendaftaran di atas.

 
·         Prospek Kerja
 
Lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) akan ditempatkan di instansi pemerintahan pusat atau daerah. Prospek kerja lulusan IPDN akan mengawali karirnya dari staf hingga ada yang sudah menjadi Gubernur. Setelah lulus, para pamong praja akan ditempatkan di instansi tempat mereka direkrut. Selain itu, mereka juga akan langsung menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) golongan III A.
 
·         Lokasi kampus IPDN di Indonesia
 
Kampus IPDN sudah tersebar di beberapa wilayah di Indonesia tepatnya ada di Bukittinggi, Rokan Hilir, Kubur Raya, Mataram, Makassar, Manado, Jayapura dan pusat kampus IPDN berlokasi di Jatinangor.
 
Di Edulab menyediakan program intensif khusus untuk kamu yang ingin lulus seleksi di Sekolah Kedinasan. Program Intensif Sekolah Kedinasan ini difokuskan untuk lulus ke IPDN dan STAN. Informasi lebih lanjut bisa hubungi melalui website edulab.co.id, instagram edulab.id atau line @edulab.id (pakai @). (Syifa Warnani Putri)**

 

.

Categories:PenaCikal,
Tags:,