Fenomena Alam Waterspout Muncul di atas Situ Patenggang

Fenomena Alam Waterspout Muncul di atas Situ Patenggang

Waterspout muncul di Situ Patenggang Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung. (foto - Instagram)

Bandung  -  Kalangan  wisatawan  diterjang  angin  puting  beliung  yang  terjadi  di  atas  Situ  Patenggang  Kecamatan  Ciwidey Kabupaten Bandung, pada Jumat 20 Desember 2019 siang.
 
Sejumlah video rekamannya telah beredar di dunia maya. "Memang menakutkan tapi karena fenomena alam langka sehingga kita menikmati juga," kata sejumlah pengunjung Situ Patenggang Kabupaten Bandung.
 
Sejumlah wisatawan tersebut saat kejadian tengah berekreasi di sebuah tempat wisata pinggir Situ Patenggang. Tiba-tiba ada pusaran angin di permukaan air situ. Pada awalnya memang kecil namun lama-lama terus membesar. Tiupan anginnya pun bertambah kencang hingga ke pinggir situ.
 
Cuaca pun semakin dingin, sedangkan langit mendung agak gelap. Munculnya pusaran tersebut tanpa disertai guyuran hujan. Angin puting beliung itu sendiri berlangsung sekitar 20 menit.
 
 
Sejumlah wisatawan merekam kejadian itu dengan kamera video dari smartphone, meski tidak sampai pusaran angin selesai. Mereka ketakutan dan langsung menyelamatkan diri ke tempat yang aman, meski pusaran angin itu tidak merusak sekitar situ.
 
Berdasarkan keterangan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung Tony Agus Wijaya, kejadian alam seperti itu lazim disebut waterspout. "Angin kencang membentuk pusaran di permukaan air," katanya. Angin tersebut muncul disebabkan oleh awan Cumulonimbus, awan hitam yang berlapis vertikal.
 
Awan Cumulonimbus yang bersuhu dingin mengalirkan angin ke permukaan bumi yang bersuhu panas. Aliran angin tersebut membentuk pusaran yang bisa muncul di daratan maupun di permukaan air seperti di laut. (Jr.)**
.

Categories:Infotech,
Tags:,