Logam Beraksara Ditemukan di Situs Gunung Padang

Logam Beraksara Ditemukan di Situs Gunung Padang

Logam Beraksara Ditemukan di Situs Gunung Padang

Jakarta – Tim arkeolog eskavasi situs Gunung Padang kembali menemukan benda kuno berupa logam beraksara, Senin (15/09/2014). Sebelumnya para arkeolog yang tergabung dalam tim nasional Gunung Padang, juga menemukan artefak yang diduga mirip senjata khas Jawa Barat berupa Kujang.

Saat ini, logam beraksara yang masih misterius asal usulnya itu, sudah diserahkan ke juru pelihara Gunung Padang dan dipelajari serius oleh arkeolog dari Universitas Indonesia (UI) DR Ali Akbar. Tim kemudian akan membawanya ke laboratorium dan menafsirkannya. 

Menurut salah seorang anggota tim, Erick Rizky, logam itu ditemukan tadi pagi. Posisinya terbenam di tanah kedalaman 11 meter. Warnanya hijau dan beraksara. "Coring di kedalaman 11 meter subuh tadi ditemukan bentuk seperti logam beraksara yang tidak dikenal," katanya. 

Menurut dia, nama asli benda itu belum diketahui persis karena berasal dari masa prasejarah yakni suatu perioede ketika manusia belum mengenal huruf.

Sementara itu, Wakil ketua Geologi Tim Gunung Padang Danny Hilman menambahkan, artefak itu berukuran 22x7 cm. Mengingatkannya pada konstanta phi. Selain itu, ada kandungan magnetik di dalam batu tersebut dan pori-porinya tidak bersambung, sehingga air tidak masuk ke dalam benda tersebut. "Jadi, ini artefak tidak dibuat dengan sembarangan, tapi dibuat dengan rumus matematika," paparnya. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:,