43 Bus Wisata Dukung Pengembangan Objek Wisata di Jabar

43 Bus Wisata Dukung Pengembangan Objek Wisata di Jabar

Ridwan Kamil resmikan Bus Wisata untuk kota/kabupaten Jabar di Pusdai Bandung. (foto - Humas)

Bandung - Gubernur  Jabar  Ridwan  Kamil  meresmikan  Bus  Wisata  untuk  kota/kabupaten  di  halaman  Pusat  Dakwah Islam (Pusdai) Jabar Jalan Diponegoro Bandung, Senin (30/12/2019).
 
Bus Wisata dihadirkan untuk mendukung akses, pengembangan dan memfasilitasi masyarakat dalam menjangkau destinasi wisata di kota/kabupaten di Jabar. Dengan hadirnya bus wisata diharapkan, indeks kebahagiaan masyarakat di Jawa Barat bisa meningkat.
 
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Hery Antasari menjelaskan, konsep Bus Wisata Kota tidak seperti Bandung Tour on Bus (Bandros) yang mengelilingi kota. Namun Bus Wisata akan menghubungkan titik ke titik antara tempat wisata di kota/kabupaten.
 
"Konsepnya bukan berkeliling kota, tapi lebih kepada titik ke titik. Poin ke poin, misalnya dari alun-alun dan pusat wisata, Batik Trusmi di Cirebon. Atau Cipanas dengan pusat Kota Garut," kata Hery.
 
Ia mengatakan, selain bertujuan untuk memajukan sektor pariwisata, Bus Wisata juga menjadi salah satu upaya transformasi transportasi publik yang dilakukan Pemprov Jabar. Diharapkan, nantinya warga lebih memilih menggunakan transportasi publik saat berlibur.
 
"Tujuannya untuk menstimulasi dan menggerakkan salah satu program untuk mentransformasi ke transportasi publik. Warga akan lebih memilih transportasi publik," kata Heru.
 
Sejauh ini, sudah ada 43 unit Bus Wisata yang beroperasi di kota/kabupaten Jabar. Dishub Jabar menargetkan setidaknya setiap kota/kabupaten nantinya akan memiliki minimal dua unit Bus Wisata Kota.
 
"Tahun ini total ada 30 unit, digabungkan dengan tahun lalu 13 unit jadi sudah ada 43 unit yang ditempatkan di semua kota/kabupaten. Mudah-mudahan setiap kota/kabupaten minimal ada 2 unit, sehingga total dibutuhkan minimal 54 unit," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Ekonomi,
Tags:,