Bunga Rafflesia Terbesar Dunia Mekar di Wilayah Maninjau

Bunga Rafflesia Terbesar Dunia Mekar di Wilayah Maninjau

Bunga Rafflesia akan mekar sempurna dengan diameter mencapai 107 centimeter. (foto- BKSDA Sumbar)

Padang - Bunga  Rafflesia  jenis  tuan-mudae  terbesar  dunia  mekar di kawasan  Cagar  Alam  Maninjau Nagari Baringin Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam Sumatera Barat. Bunga itu diperkirakan mekar sempurna berdiameter di atas 107 centimeter, pada 1 Januari 2020.
 
Bunga Rafflesia terbesar di dunia akan mekar di Agam yang diperkirakan pada 1 Januari 2020. Dengan diameter di atas 107 centimeter," kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar Khairi Ramadhan, Senin (30/12/2019).
 
Menurut Khairi, BKSDA Sumbar sedang melakukan pengawasan ketat terhadap bunga langka di dunia itu. Saat ini knop Rafflesia berukuran raksasa itu sudah berdiameter 100 centimeter dan diperkirakan akan melebihi 107 centimeter, rekor Rafflesia jenis tuan-mudae terbesar yang pernah ada.
 
Sebelumnya rekor Rafflesia terbesar ditemukan di daerah yang sama dengan ukuran diameter 107 centimeter. "Tahun 2017 lalu ditemukan di lokasi yang sama Rafflesia raksasa dengan ukuran diameter 107 centimeter. Bunga itu mengalahkan Rafflesia asal Filipina yang berdiameter 100 centimeter," tegas Khairi.
 
Selain melakukan pengawasan ketat, BKSDA Sumbar juga telah membuat papan informasi larangan agar tidak merusak bunga itu. "Kita telah memasang papan informasi sekaligus larangan agar tidak merusak bunga itu," tegas Khairi.
 
Sebab, hal itu dilindungi Undang-undang No. 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Di Agam sedikitnya ada 13 titik sebaran populasi bunga Rafflesia yang sebagian besar terdapat di daerah sekeliling Danau Maninjau. (Jr.)**
.

Categories:Unik,
Tags:,