Belasan Orang Keracunan Usai Makan di Restoran Vietnam

Belasan Orang Keracunan Usai Makan di Restoran Vietnam

Restoran Vietnam Saigon Delight. (foto - Instagram)

Jakarta - Sejumlah orang dikabarkan keracunan makanan setelah menyantap makanan di restoran Vietnam Saigon Delight di Jakarta. Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI langsung bergerak untuk menelusuri hal itu.

"Tim kami sedang berproses melakukan penelusuran," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Widyastuti, Minggu (5/1/2020). Namun, ia enggan menjawab saat ditanya apakah Dinkes DKI telah menemui para korban dan pihak restoran.
 
Ia hanya menekankan, pihak Dinkes DKI sedang melakukan penyelidikan atas informasi tersebut. "Kami masih berproses melakukan check and recheck mengenai informasi tersebut," aku Widyastuti.

Kabar mengenai peristiwa keracunan makanan itu awalnya diunggah oleh seorang ibu bernama Jennifer lewat Instagram. Pada 28 Desember 2019, ia bersama dengan suami dan anaknya pergi ke salah satu cabang restoran Saigon Delight di Lippo Mall Puri Jakarta Barat untuk makan malam.
 
Sehari setelah itu, anak dan suami Jennifer mengalami mual-mual hingga mengalami BAB yang tidak biasa. Hal tersebut membuat Jennifer membawa suami dan anaknya ke rumah sakit, dan harus menjalani opname.
 
Sejauh ini mereka sudah berada di rumah sakit selama 8 hari. Ternyata saat di rumah sakit, Jennifer juga bertemu dengan korban lain, yang mengalami hal yang sama setelah makan dari restoran Saigon Delight.

Pengalaman Jennifer itu pun menjadi viral hingga membuat sejumlah korban lain bermunculan. Berdasarkan unggahan Jennifer, ada belasan korban lainnya yang mencicip makanan dari Saigon Delight di cabang yang berbeda.

Ketika dihubungi, Sari dari Saigon Delight membenarkan adanya laporan keracunan makanan pada pelanggannya. Menurut Sari, pihak Saigon Delight langsung melakukan pengecekan untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab keracunan itu.

"Begitu menerima laporan kita langsung melakukan investigasi. Kita cek laboratorium semua bahan-bahan kita untuk mencari tahu berbagai kemungkinan," kata Sari.

Namun demikian, Sari belum memberitahu apa hasil laboratorium dari pengecekan bahan makanan yang digunakan di Saigon Delight. Sementara di Instagram, pihak restoran dan mall memberikan klarifikasi.
 
Lewat kolom komentar akun Instagram @saigon_delight, pihak restoran memberikan klarifikasi hanya untuk kasus di Lippo Mall Puri. Mereka sedang melakukan penelusuran penyebab keracunan. Termasuk sistem dan prosedur internal yang mereka lakukan yang bisa menyebabkan keracunan. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,