Longsor Tanah dan Lumpur Gn. Halimun Terjang Jasinga Bogor

Longsor Tanah dan Lumpur Gn. Halimun Terjang Jasinga Bogor

Tanah lumpur dari Gunung Halimun melalui Sungai Cidurian terjang Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor. (foto - BNPB)

Jakarta - Beredar informasi dan video melalui aplikasi WhatssApp tentang pergerakan tanah lumpur, setelah banjir bandang dan longsor menerjang Kabupaten Lebak Banten, pada Rabu 1 Januari 2010.
 
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis lewat situsnya, video berdurasi 29 detik yang terjadi di Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor Jawa Barat.
"Berdasarkan sumber yang diterima dari Bupati Kabupaten Lebak, peristiwa tersebut terjadi di aliran Sungai Cidurian yang melalui Kecamatan Curug Bitung dan Kecamatan Maja.
 
Sungai Cidurian merupakan sungai yang mengalir dari Pegunungan Halimun melewati Kabupaten Bogor dan Banten, kemudian bermuara di Laut Jawa," tulis Kepala Pusdatin dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Agus Wibowo dalam siaran persnya, Senin (6/1/2020).
 
Agus memperingatkan, agar masyarakat lebih waspada terhadap bencana lainnya, terutama yang tinggal di sepanjang Sungai Cidurian.
 
Sementara itu, Kepala BPBD Banten Kaprawi mengaku belum mengetahui peristiwa tersebut. Ia pun enggan berkomentar lebih banyak mengenai peristiwa tersebut.
 
Video itu beredar antargrup Whatsapp. Di dalamnya menggambarkan tanah bercampur air mengalir layaknya sungai, berisikan material kayu dan lainnya. Bahkan, terekam sebuah pohon tumbang akibat terhantam tanah bercampur air. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,