35 Pelayat Tewas dalam Pemakaman Komandan Militer Iran

35 Pelayat Tewas dalam Pemakaman Komandan Militer Iran

Puluhan ribu warga hadiri pemakaman jenazah Mayor Jenderal Qassem Soleimani, Selasa 7 Januari 2020 di Kota Kerman. (foto - Reuters)

Kerman - Warga Iran berkumpul di Kota  Kerman guna menghadiri prosesi pemakaman  perwira tinggi militer Iran Mayor Jenderal Qassem Soleimani, Selasa (7/1/2020).
 
Warga Iran memenuhi kawasan Alun-alun Azadi Kota Kerman, yang menjadi lokasi dua peti mati berselimutkan bendera Iran dipamerkan ke publik. Satu peti berisi jenazah Soleimani dan satu peti lainnya berisi jenazah ajudan terdekat Soleimani, Brigadir Jenderal Hossein Purjafari yang juga tewas dalam serangan AS.
 
Dalam iring-iringan saat mengantarkan ke pemakaman komandan militer Iran tersebut sedikitnya 35 pelayat yang mengikuti upacara pemakaman tewas akibat berdesak-desakan.
 
Berdasarkan laporan kantor berita semi resmi Fars, selain korban tewas sekitar 190 orang lainnya mengalami luka-luka dalam insiden yang terjadi selama upacara pemakanan Qassem Soleimani tersebut.
 
Salah satu media pemerintah melaporkan, sebanyak 35 orang pelayat tewas dalam prosesi pemakaman tersebut. Kantor berita Iran ISNA mengatakan, pemakaman Soleimani telah ditunda, tetapi tidak mengatakan berapa lama penundaan akan berlangsung.
 
"Hari ini karena padatnya kerumunan orang, sayangnya sejumlah warga kami yang sedang berduka terluka dan beberapa orang meninggal dunia," kata kepala layanan medis darurat Iran Pirhossein Kolivand.
 
Sebelumnya, jenazah Soleimani, pahlawan nasional yang merupakan arsitek dari upaya Iran untuk memperluas pengaruhnya di luar negeri, telah dibawa ke sejumlah kota Irak dan Iran sebelum tiba di Kerman untuk dimakamkan. (Jr.)**
 
 
.

Categories:Internasional,
Tags:,