Boeing 737-800 Milik Ukraina Jatuh di Iran, 176 Orang Tewas

Boeing 737-800 Milik Ukraina Jatuh di Iran, 176 Orang Tewas

Boeing 737 Milik Maskapai Ukraina Jatuh di Iran. (foto - Getty Images)

Teheran  -  Pesawat  Boeing  737-800  milik  Ukraine  International  Airlines  berpenumpang 170  orang  dan  enam  awak  kabin  jatuh  di  Parand, wilayah barat daya Teheran, Rabu pagi waktu setempat. Pesawat tersebut jatuh tak lama setelah lepas landas dari Bandara Internasional Imam Khomeini Teheran Iran menuju Kiev Ukraina.
 
Pesawat berjenis Boeing 737-800 itu jatuh tak lama setelah lepas landas dari Bandara Internasional Imam Khomeini Teheran Iran menuju Kiev Ukraina. "Kami mengetahui laporan media dari Iran dan kami sedang mengumpulkan lebih banyak informasi," demikian keterangan Boeing dari Twitter.
 
Dilansir Associated Press, Rabu (8/1/2020) pesawat Boeing 737-800 adalah pesawat twin-engine jetliner yang sangat umum digunakan untuk penerbangan jarak pendek dan menengah. Ribuan pesawat jenis itu  telah digunakan oleh berbagai maskapai di seluruh dunia.
 
Pesawat jenis ini diperkenalkan pada akhir 1990-an. Boeing 737-800 adalah model lebih tua dari Boeing 737 MAX, yang sudah di-grounded selama hampir 10 bulan usai dua kecelakaan mematikan. Pesawat yang jatuh itu dioperasikan oleh maskapai Ukraine International Airlines dengan nomer registrasi UR-PSR.
 
 
Petugas cari korban di puing pesawat Boeing 737 yang jatuh di Iran. (foto - IANS)
 
Pesawat itu diserahkan ke maskapai pada tahun 2016. Sejauh ini, belum ada keterangan resmi dari maskapai terkait insiden tersebut. Televisi nasional Iran menyatakan, kecelakaan itu akibat masalah teknis.
 
"Jelas itu tidak mungkin penumpang dalam penerbangan PS-752 masih hidup," kata Kepala Bulan Sabit Merah. Mengacu pada informasi yang didapat dari pelacak penerbangan Flightradar24, penerbangan itu dijadwalkan lepas landas pukul 05.15 pagi waktu Teheran menuju ke Bandara Internasional Boryspil di ibukota Ukraina, Kiev.
 
Namun, pesawat baru diberangkatkan hampir satu jam kemudian, yakni pada pukul 06.12. Sebuah video yang diunggah oleh kantor berita ISNA Iran menunjukkan adanya cahaya redup yang terlihat samar, sesaat sebelum terlihat ledakan besar dari pesawat yang jatuh.
 
Sementara itu, dilaporkan kecelakaan tersebut dilatarbelakangi masalah teknis. Informasi mengenai korban yang jatuh dari insiden itu masih akan terus diperbarui. Pernyataan itu juga disampaikan oleh akun The Boeing Company @Boeing. (Jr.)**
 
 
Evakuasi korban Boeing 737 yang jatuh di Iran. (foto - Getty Images)
.

Categories:Internasional,
Tags:,