12 Desa di Kecamatan Cilamaya Wetan Karawang Terendam

12 Desa di Kecamatan Cilamaya Wetan Karawang Terendam

Banjir di Kecamatan Cilamaya Wetan Karawang meluas. (foto - ist)

Karawang - Sedikitnya 12 desa yang berada di Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaen Karawang terendam banjir. Banjir akibat luapan Sungai Cilamaya yang bertemu dengan anak Sungai Kecepet, Jumat (10/1/2020) dinihari.
 
Akibatnya, ribuan rumah penduduk yang tersebar di 12 desa di Cilamaya Wetan tersebut terendam. Sejumlah warga saat ini mulai tinggal di tempat pengungsian, yang disiapkan pemerintah kecamatan setempat.

Terjangan luapan air sungai itu pun menggenangi kantor kecamatan, Polsek Cilamaya dan sejumlah sekolah serta rumah ibadah. "Masih dalam pendataan. Saat ini kami masih fokus melakukan evakuasi warga yang terjebak banjir," kata Camat Cilamaya Wetan Basuki Rachmat.

Ia menjelaskan, banjir di wilayah kerjanya melanda 12 desa antara lain Desa Tegalwaru, Mekarmaya, Cilamaya, Muara, Muara Baru dan Cikarang. Sementara jumlah rumah yang terendam banjir mencapai ribuan unit.
 
Bantuan berupa logistik menurut Basuki, sejauh ini belum bisa masuk ke Desa Muara dan Muara Baru. Sebab, akses menuju dua desa tersebut terputus oleh genangan banjir.
 
Berdasarkan penuturan warga Desa Cilamaya, luapan air Cilamaya pertama kali menggenangi Perumahan Pratama Permai yang berlokasi di Desa Tegalwaru. Genangan pun terus meluas hingga ke Dusun Kecepet Desa Mekarmaya dan Dusun Bojong Desa Cilamaya.
 
"Saat ini, air sudah menggenangi kawasan pertokoan, sehingga toko-toko pada tutup. Kami khawatir banjir terus meluas, sedangjan kami hanya bisa bertahan di rumah masing-masing," kata warga. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,