Mari Elka Pengestu Jadi Direktur Pelaksana Bank Dunia

Mari Elka Pengestu Jadi Direktur Pelaksana Bank Dunia

Mari Elka Pangestu. (foto - ist)

Jakarta - Mari Elka Pangestu ditunjuk sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan dan Kemitraan Pembangunan Bank Dunia. Penunjukan itu diumumkan langsung oleh Presiden Grup Bank Dunia David Malpass.
 
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengucapkan selamat kepada Mari Elka Pangestu yang telah ditunjuk sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia.
 
Menurutnya, kehadiran Mari Elka Pangestu sebagai pejabat baru di Bank Dunia menjadi angin segar khususnya bagi negara berkembang. Salah satunya tentu bagi Indonesia.
 
"Dengan ditunjuknya Mari Elka Pangestu akan membawa kebaikan pada emerging market dan Bank Indonesia," katanya di Gedung BI Jakarta, Jumat (10/1/2020).
Ia menjelaskan, Mari Elka Pangestu perannya sebagai Direktur Pelaksana akan membantu membuat kebijakan pada negara berkembang. "Pasalnya, ibu Mari bidangnya nanti pada development policy, sehingga atas nama Bank Indonesia ucapkan selamat," katanya.
 
Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengucapkan selamat kepada Mari Elka Pangestu. "Selamat (kepada Bu Mari Elka). Bagus itu," katanya. Ia juga berkomentar soal jabatan strategis Mari Elka yang pernah ia emban sebelum masuk ke dalam kabinet Indonesia Kerja sebagai Menteri Keuangan.
 
Jabatan itu katanya, harus dijalankan dengan profesional dan sungguh-sungguh karena terkait nama baik Indonesia. "Itu jabatan yang sangat prestisius dan bagus. Tentu mengemban dan menjaga nama baik Indonesia," tegas Sri Mulyani.
 
Seperti diketahui, Bank Dunia menunjuk Mari Eka dengan kemampuan dan manajemen yang dinilai luar biasa, karirnya di bidang ekonomi pun tidak diragukan. Ditambah pengalamannya di birokrasi saat menjabat sebagai Menteri Perdagangan (2004-2011), serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (2011-2014). (Jr.)**
.

Categories:Ekonomi,
Tags:,