Terungkap, Penyebab Jalan Daan Mogot Tangerang Amblas

Terungkap, Penyebab Jalan Daan Mogot Tangerang Amblas

Perbaikan ruas Jalan Daan Mogot Tangerang yang amblas. (foto - ist)

Tangerang - Amblasnya ruas Jalan Daan Mogot ternyata bukan disebabkan oleh curah hujan yang tinggi. Jalan amblas itu berada di sisi jalan yang berada di bawah Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) SDN Inpres Tanah Tinggi Tangerang.
 
Tanah tersebut amblas hingga sekitar 2,5 meter ke bawah. Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, jalanan tersebut amblas akibat adanya kebocoran pipa PDAM. "Jalanan amblas karena pipa PDAM TKR bocor, yang membuat konstruksi jalan rusak dan amblas," katanya, Minggu (12/1/2020).
 
Ia telah meminta agar PDAM Tirta Kerta Raharja milik Kabupaten Tangerang itu segera melakukan perbaikan. Nantinya, tim BBPJN atau Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional akan memotong jalan aspal itu, untuk memberi ruang pada pihak PDAM memperbaiki pipa yang bocor.
 
Sementara itu, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hari Suko mengatakan, untuk pengerjaan jalan yang amblas membutuhkan waktu hingga sepekan ke depan.
 
"Pengerjaannya butuh waktu sepekan, karena memang harus rapi dan hati-hati. Sebab ada pipa air dan utilitas lainnya. Kita juga meminta agar setiap pemilik utilitas seperti PDAM, punya deteksi untuk memantau pipa di dalam tanah. Jadi, jika terjadi kebocoran bisa terdeteksi cepat," katanya.
 
Seperti diketahui, selama dilakukan perbaikan jalan tersebut, maka jalur arah Tangerang untuk sementara waktu ditutup. Petugas pun disiagakan untuk mengurai kemacetan di jalur Jakarta - Tangerang itu. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,