Emil,Terowongan Nanjung Efektif atasi Banjir Bandung Raya

Emil,Terowongan Nanjung Efektif atasi Banjir Bandung Raya

Lokasi Terowongan Nanjung di kawasan Curug Jompong Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung. (foto - bappeda)

Bandung - Pengoperasian  Terowongan  Nanjung di kawasan  Curug Jompong  Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung efektif mengatasi banjir di wilayah Bandung Raya, terutama Bandung Selatan.
 
Demikian disampaikannya Gubernur Jabar Ridwan Kamil ketika mendampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ke Terowongan Nanjung dan proyek Floodway Cisangkuy, Senin (13/1/20).
 
"Saat banjir melanda wilayah Jabodetabek, di wilayah Bandung Raya tidak ada berita (banjir) yang luar biasa. Sebab selama ini air yang selalu ngumpul di titik itu berhasil dialirkan dengan dioperasikannya dua terowongan di Curug Jompong," kata Emil.
 
Menurut rencana, Presiden Jokowi bakal meresmikan Terowongan Nanjung yang pembangunannya telah selesai dibangun pada akhir 2019. Hal itu sebagai bagian dari instrumen pengendali banjir di kawasan Bandung Raya.
 
Selain Terowongan Nanjung, pemerintah juga tengah membangun proyek Floodway Cisangkuy di Desa Sukamukti Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung, yang direncanakan rampung pada Oktober tahun ini. Tak hanya itu, Embung Gedebage juga siap menjadi instrumen pengendali banjir di wilayah Bandung timur.
 
 
Sementara itu Basuki Hadimuljono mengatakan, dengan curah hujan yang tinggi warga Dayeuhkolot dan sekitarnya yang kerap mengungsi maupun bersiap menaiki perahu, saat ini tidak lagi mengalami kendala itu.
 
Setelah beroperasinya Terowongan Nanjung ditambah parkir air di Kolam Retensi Cieunteung menurut Basuki, genangan air cepat surut hingga kendaraan masih bisa melaju meski curah hujan cukup tinggi.
 
"Dengan curah hujan lebih tinggi, biasanya curah hujan 300 mm ini orang sudah naik perahu pada 17 Desember lalu di Bandung selatan sudah 424 mm, orang masih pakai sepeda motor jalanan masih kering," tegas Basuki.
 
Setelah menyelesaikan masalah potensi banjir di hulu Citarum atau wilayah Bandung Raya pada 2020 Basuki mengatakan, pihaknya akan fokus di wilayah hilir seperti di Karawang. Salah satunya pembangunan bendungan di Cibeet. "Kalau banjir di selatan Bandung selesai, kita bisa konsentrasi di Karawang," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,