Asap Putih Misterius Muncul di Simpang Cipaganti - Pasteur

Asap Putih Misterius Muncul di Simpang Cipaganti - Pasteur

Kepulan asap putih muncul di persimpangan Jalan Pasteur - Cipaganti Bandung. (foto - Instagram)

Bandung - Kepulan  asap  berwarna  putih  mendadak  muncul di  jalanan  aspal  persimpangan  Jalan  Cipaganti - Pasteur Bandung, Senin (13/1/2020). Sejauh ini, penyebab munculnya asap itu masih diselidiki.
 
Berdasarkan video berdurasi 9 detik yang diposting di akun twitter @infobdg, kepulan asap putih itu muncul di aspal, yang berada tepat di pemberhentian lampu lalu lintas. Asap berwarna putih itu muncul dari dua titik.

Namun kepulan asap berwarna putih tersebut sudah menghilang pada siang hari. Hanya terlihat sejumlah petugas dari Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung menyelidikinya.
 
"Kami terima laporan sekitar pukul 12.17 WIB dan datang pukul 12.21 WIB. Namun asap sudah tidak ada," kata salah seorang petugas Diskar PB Bandung. Tak lama berselang, petugas dari PLN juga datang ke lokasi. Pihaknya menyebutkan, asap itu bukan berasal dari instalasi listrik milik PLN di lokasi.

"Bukan berasal dari instalasi kami. Kalau dari kami pasti lampu lalu lintas mati," katanya. Meski begitu, arus  lalu lintas di sekitar lokasi lancar meski setelah munculnya kepulan asap di jalan tersebut. Petugas Diskar PB dan PLN juga sudah meninggalkan lokasi.
 
Sontak munculnya kepulan asap putih itu menjadi tontonan warga. Diduga, kepulan asap itu berasal dari kabel milik PT Telkom yang terbakar di bawahnya. Petugas kepolisian dan Dinas Perhubungan Kota Bandung pun berupaya memadamkan asap itu.
 
Mereka menggunakan alat seadanya namun karena tak mampu menghilangkan asap tersebut, akhirnya mereka meminta bantuan dari Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung.
 
Menurut warga sekitar, kepulan asap itu terjadi rutin dua hari belakangan. "Hari sebelumnya asapnya hilang karena disiram oleh polisi. Kepulan asap itu muncul sekitar 10-15 menit," katanya. Kepulan asap itu selalu muncul saat kondisi jalan sedang ramai.
 
Petugas dari Dishub Kota Bandung M Randani mengatakan, kepulan asap muncul sekitar pukul 09.30 WIB pada Senin 13 Januari. Kepulan asapnya mencapai ketinggian 1 meter dari bawah aspal lalu 15 menit keluar asap lagi dan setelah itu padam.
 
"Hanya saja setelah padam beberapa saat kepulan asap kembali lagi sekitar 15 menit, dan setelah itu kepulan menghilang. "Tadi sudah diperiksa sama damkar tetapi belum diteliti lebih lanjut. Hanya saja sempat terjadi kemacetan panjang  ke arah utara," katanya.
 
Kepala Bidang Kesiapsiagaan Operasi Pemadaman dan Penyelamatan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung Kurnia Saputra ‎menyatakan, Diskar PB mendapat laporan terkait kepulan asap ini sekitar pukul 12.16 WIB.
 
"Diskar PB Kota Bandung tiba di lokasi dengan‎ membawa 1 unit Pancar dari UPT Utara, 1 unit mobil rescue, 1 unit mobil komando dan 1 unit motor assesment. Tercium juga bau kabel yang terbakar saat tiba di lokasi, setelah sebelumnya berkoordinasi dengan petugas Dishub Kota Bandung," kata Kurnia.
 
Petugas berkoordinasi dengan PLN rayon terdekat untuk berkoordinasi dan membantu pengecekan lebih lanjut. Setelah berkoordinasi dan melakukan penanganan sekitar pukul 12.50 WIB, petugas Diskar PB meninggalkan lokasi. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,