Bus Ditelan Lubang di Jalanan Cina 6 Orang Tewas 10 Hilang

Bus Ditelan Lubang di Jalanan Cina 6 Orang Tewas 10 Hilang

Jalan Nandajie di Kota Xining, ibukota Provinsi Qinghai China amblas munculkan lubang besar. (foto - Chinanews)

Beijing  -  Sebuah  lubang  besar  menganga  di  jalanan  Cina  menelan  sebuah  bus  dan  pejalan  kaki.  Kejadian  itu diikuti dengan adanya ledakan keras yang menewaskan enam orang dan 10 lainnya dilaporkan hilang, Senin 13 Januari sore.

Dilansir China Daily, Selasa (14/1/2020) insiden itu terjadi sekitar pukul 17.30 waktu setempat di Kota Xining, ibukota Provinsi Qinghai Cina atau . pukul 16.30 WIB. Selain korban meninggal dunia, sebanyak 16 orang lainnya mengalami luka-luka dilarikan ke rumah sakit.

Sebuah rekaman video menunjukkan, warga yang sedang berada di halte berlarian menjauhi jalanan yang tiba-tiba amblas. Sopir bus yang berada di dekat mulut lubang tak sempat menghindar hingga kendaraannya hingga tertelan di lubang tersebut.

Posisi bus itu sendiri berada di depan halte untuk menurunkan dan menaikkan penumpang. Sejumlah orang menghilang, termasuk seorang anak kecil masuk ke jalan amblas yang menciptakan lubang besar. Diketahui,  Nandajie merupakan jalur utama yang padat kendaraan di kota wilayah barat daya Cina tersebut.

Insiden tersebut terjadi tidak jauh dari rumah sakit. Sejauh ini, belum diketahui pemicu ledakan tersebut, namun diperkirakan dari gas. Tim SAR dikerahkan ke lokasi untuk mencari para korban yang tertelan di lubang itu.

Penyebab munculnya sinkhole dan ledakan masih dalam penyelidikan pihak berwenang. Diketahui, sinkhole beberapa kali muncul di jalanan Cina. Pekerjaan konstruksi dan laju pembangunan yang cepat menjadi penyebab utama.

Pada 2016, setidaknya tiga orang jatuh ke sinkhole di Provinsi Henan hingga menelan pejalan kaki yang melintas. Penyelidikan awal mengungkap, sinkhole disebabkan pipa air bawah tanah yang putus karena hujan. (Jr.)**

Bus tertelah lubang yang menganga di Jalan Nandajie Kota Xining Provinsi Qinghai. (foto - SCMP)
.

Categories:Internasional,
Tags:,