Iran Bakal Seret Donald Trump ke Pengadilan Internasional

Iran Bakal Seret Donald Trump ke Pengadilan Internasional

Donald Trump terancam diseret ke pengadilan internasional. (foto - Associated Press)

Baghdad - Pemerintah Iran berencana membawa Presiden Amerika Serikat Donald Trump ke Pengadilan Internasional, karena membunuh Panglima Garda Revolusi Qassem Sulaimani. Demikian disampaikan  Jaksa Agung Iran Ibrahim Raisi.
 
"Kita harus menjerat presiden Amerika itu sebagai terdakwa pertama. Ia harus didakwa dan diadili di hadapan dunia," sebut Raisi dalam rapat dengan para pejabat kehakiman.
 
"Dalam pandangan kami, karena syahid Sulaimani adalah simbol perlawanan terhadap terorisme dan pembela kaum lemah, sehingga pembunuhannya melanggar semua hukum," tegas Raisi.
 
Dilansir Al Masdar, Selasa (14/1/2020) pejabat kehakiman senior itu juga menyerukan kaum terpelajar menyampaikan protes mereka. Dan memperingatkan jika Iran tidak menuntut secara hukum atas kejahatan terhadap jenderalnya, maka Iran tidak akan bisa menangani kasus hukum lainnya.
 
Raisi menyatakan, Kementerian Luar Negeri dan Komite Hak Asasi akan mengajukan surat gugatan secara resmi ke organisasi internasional untuk menuntut Donald Trump
 
Ia juga mengatakan, rencana Iran menyeret Trump ke pengadilan tersebut tidak harus dilakukan ketika dia masih menjabat. Namun, saat dia sudah tidak lagi menjadi presiden Amerika Serikat. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,