Jamaah Umrah Meninggal, Lion Air mendarat darurat di Srilanka

Jamaah Umrah Meninggal, Lion Air mendarat darurat di Srilanka

Pesawat Lion Air JT-085 mendarat darurat di Bandara Internasional Bandaranaike Sri Lanka. (foto - Sri Lanka Mirror)

Jakarta - Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-085 mendarat darurat di Bandara Internasional Bandaranaike Sri Lanka. Keputusan itu dilakukan lantaran ada penumpang yang sangat membutuhkan pertolongan medis.
 
Berdasarkan keterangan Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro, pesawat Lion Air itu seharusnya terbang dari Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah menuju Bandara Juanda Surabaya.
 
Penerbangan itu berangkat pada Minggu 12 Januari 2020 pukul 18.20 waktu setempat, dan dijadwalkan tiba di tempat tujuan pada Senin 13 Januari 2020 pukul 08.30 WIB.
 
Namun satu jam setelah lepas landas, pilot menginformasikan pengalihan pendaratan (divert) ke Bandara Sri Lanka. Pasalnya, ada seorang penumpang perempuan bernama Saringa Albadiah yang membutuhkan pertolongan medis.
 
Saat pesawat hendak mendarat lanjut Danang, awak yang bertugas menjalankan tindakan sesuai prosedur dengan mengumumkan, apakah ada dokter atau petugas medis di dalam kabin untuk membantu melakukan penanganan. Namun, nyawa Saringa tidak tertolong.
 
"Dokter bersama awak kabin sudah memberikan pertolongan pertama. Dokter menyatakan meninggal dunia tamu tersebut ketika pesawat akan mendarat," kata Danang, Selasa (14/1/2020).
 
Kejadian itu tidak berhenti di situ. Ketika pesawat mendarat di Sri Lanka ada dua penumpang laki-laki, yakni Suwadi dan Amadulah yang juga membutuhkan penanganan medis. Kedua penumpang itu lalu dibawa ke rumah sakit terdekat.
 
"Dari dua tamu laki-laki tersebut, satu tamu Suwadi dinyatakan meninggal dunia oleh tim medis dan satu tamu lainnya Amadulah masih menjalani perawatan di rumah sakit," tegasnya.
 
Atas nama Lion Air, Danang menyampaikan rasa turut prihatin dan dukacita yang mendalam atas meninggalnya dua jamaah umrah itu. Lion Air mengucapkan terima kasih atas bantuan dokter dan awak kabin, yang berupaya memberikan penanganan kepada penumpang.
 
"Setelah proses penanganan selesai, Lion Air JT-085 mengudara dari Bandaranaike pada Senin 13 Januari 2020 pukul 09.45 waktu setempat, dan telah tiba di Bandar Udara Juanda pukul 16.30 WIB," tambahnya. (Jr.)**
 
 
.

Categories:Internasional,
Tags:,