Dua Kampung di Pesisir Selatan Terendam Akibat Tanggul Jebol

Dua Kampung di Pesisir Selatan Terendam Akibat Tanggul Jebol

Dua kampung di Pesisir Selatan Sumbar Terendam akibat tanggul jebol. (foto - ist)

Pesisir Selatan - Dua kampung yakni Binjai Tapan dan Nagari Kampuang Tangah Tapan Kecamatan Ranah Hulu (Ranhul) Ampek Tapan Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat (Sumbar) terendam banjir.
 
Genangan banjir hingga selutut kaki orang dewasa tersebut terjadi, Senin (20/1/2020) sore sekira pukul 17.00 WIB.
 
Berdasarkan informasi, tingginya curah hujan mengakibatkan tanggul penahan sementara aliran Sungai Batang Tapan jebol. Alhasil, bajir merendam ratusan rumah warga di Dua kampung. Meksi begitu, tidak ada korban jiwa dalam musibah itu.
 
"Tidak kurang dari seratus rumah yang terdampak. Banjir terjadi mulai pukul 17.00 WIB,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Pesisir Selatan Herman Budiarto.
 
Ia mengatakan, selain rumah warga banjir juga sempat merendam jalan nasional di Nagari Alang Rambah, dengan ketinggian air mencapai 30 sentimeter. Namun, menjelang Magrib air berangsur surut.
 
"Menjelang Magrib air berangsur surut, sehingga belum diperlukan evakuasi. Tidak ada korban jiwa dalam banjir tersebut," katanya.
 
Terkait dengan bantuan logistik terutama makanan siap saji, pihaknya masih menunggu bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi. "Stok siap saji, kita menunggu BPBD Provinsi," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,