Puluhan Penyandang Catat Gelar Unjuk Rasa

Puluhan Penyandang Catat Gelar Unjuk Rasa

Seorang perwakilan penyandang disabilitas, tuna netra berorasi didepan Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Rabu (3/12/2014). (Foto: Istimewa)

Bandung - Puluhan penyandang disabilitas (cacat) melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro Kota Bandung Rabu (3/12/2014). Dalam aksi tersebut para pengunjuk rasa memblokade Jalan Diponegoro sambil berpegangan tangan dan berorasi terkait aspirasi mereka selama ini.
 
Suhendar, selaku koordinator aksi forum tuna netra menggugat mengatakan aksi tersebut merupakan bentuk tuntutan mereka terhadap implementasi undang undang dan Perda Perlindungan penyandang disabilitas.
 
"Kami menuntut kepada pihak Pemprov Jabar dan DPRD Jabar, untuk mengimplementasikan Perda Jabar tahun 2006 dan Bandung tahun 2010 tentang Perlindungan Penyandang Disabilitas. Perda tersebut harus segera dilaksanakan,"ucapnya kepada wartawan.
 
Dirinya menjelaskan kaum disabilitas di Kota Bandung sangat membutuhkan akses-akses pembagunan untuk penyandang cacat, terutama sarana  di bidang publik dan pendidikan. Sehingga para penyandang disabilitas memiliki hak yang sama,
 
"Kami tidak mau terjebak pada momentum seremonial, tapi hanya ingin secara subtansif implementasi Perda tersebut dilaksanakan," jelas Suhendar.
 
Selanjutnya dirinya juga menginginkan pihak Pemerintah Provinsi Jabar lebih memperhatikan kaum disabilitas, sesuai janji Gubernur Jabar saat Pilgub, akan menyediakan sejuta lapangan pekerjaan bagi masyarakat, diharapkan ada sedikitnya peluang kaum disabilitas untuk memperoleh pekerjaan.
 
"Sesuai janji Aher pada saat Pilgub itu akan ada sejuta pekerjaan, tapi untuk penyandang cacat sudah dibentuk belum? Saya rasa belum. Tarohlah dari sejuta pekerjaan yang ada, kita minta 10%-nya saja, saya kira penyadang cacat tidak akan seperti ini," pungkasnya.

 

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,