Fakta Seputar Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) ITB

Fakta Seputar Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) ITB

Fakta Seputar Sekolah Bisnis Manajemen ITB. (foto - edulab)

SEKOLAH Bisnis Manajemen ITB sudah sangat dikenal hingga setiap tahun selalu banyak peminatnya. Saat ini, Indonesia sedang membutuhkan orang-orang yang bisa menjadi pemimpin berjiwa entrepreneur, dan bisa mengambil keputusan dengan cepat.
 
Selain itu, mampu mengaplikasikan ide-ide kreatif yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Oleh karena itu, ITB menyediakan Sekolah Bisnis Manajemen yang akan menghasilkan alumni yang bermanfaat bagi Indonesia. Sekolah Bisnis Manajemen ITB memiliki beberapa fakta, antara lain:
 
1.      Perkuliahan di SBM ITB
 
Perkuliahan di SBM ITB terbagi menjadi dua sesi, pertama sesi Auditorium dan kedua sesi Tutorial. Di sesi Auditorium memang yang mengajarnya dosen senior. Di sini kamu akan belajar tentang materi dan konsep yang sedang dipelajari.
 
Sedangkan di manajemen mempelajari bagaimana cara mengatur sebuah perusahaan agar berjalan efektif dan efisien guna mencapai tujuan. Di manajemen terdapat beberapa konsentrasi, seperti marketing, finance, operation dan human resource. Sebab, aktivitas utama perusahaan terkait dengan empat konsentrasi tersebut.
 
Sedangkan di kewirausahaan, mahasiswanya memang diajarkan untuk menjadi pengusaha sejak awal. Pada saat tingkat dua nanti, mereka yang berkeinginan masuk jurusan ini akan mengikuti wawancara, memaparkan business plan  yang akan mereka bangun nantinya.
 
2.      Lulusannya selalu diminati perusahaan besar
 
Lulusan dari SBM ITB selalu diminati oleh perusahaan besar, Mengapa? Sebab, perusahaan-perusahaan besar seperti Sears Holdings, Microsoft dan NBCUniversal sangat memerlukan manajer bisnis untuk membuat kebijakan, merencanakan sumber daya, mengarahkan bisnis secara keseluruhan dan mengimplementasikan strategi.
 
Seorang manajer mungkin akan memimpin sebuah tim atau sekelompok pemimpin yang mengawasi jadwal dan produktifitas karyawan. Dalam skala lebih kecil, manajer akan menjalankan hal-hal tersebut. Seringkali mereka juga bertanggung jawab atas tugas sehari-hari semacam membeli, mempekerjakan, melatih dan mengontrol kualitas kerja atau hasil kerja.
 
3.      Kelebihan dan kekurangan berkuliah di SBM ITB
 
-          Kelebihannya, yakni fasilitas yang disediakan SBM sangat lengkap dan suasana belajar yang nyaman. Bahkan mahasiswa SBM jarang ke perpustakaan pusat ITB karena memang di SBM senyaman itu untuk belajar dengan fasilitas WIFI-nya pun sangat lancar.
 
Kedua tentang dosennya. Dosen SBM itu benar-benar yang sangat ahli di bidangnya masing-masing. Latar belakang mereka yang sudah jadi pengusaha, yang pernah kerja di perusahaan besar dan pengalaman kerjanya pun sudah banyak.
 
-          Kekurangannya, yakni di SBM itu tugasnya sangat banyak. Setiap hari selalu ada tugas baru dan memang mahasiswanya harus belajar manajemen waktu banget, agar bisa menjadwalkan waktu dengan baik untuk mengerjakan tugas.
 
4.      Prospek kerja SBM ITB
 
Memiliki gelar dari SBM ITB memang menjanjikan, tetapi menjadi miliarder bukan hal yang instan. Jika kamu ingin mendapatkan gaji awal tinggi, kamu perlu mempertimbangkan untuk mengambil program S-2 dan setelah lulus pun tidak harus menjadi seorang miliarder. Lulusan dari SBM ITB memiliki prospek kerja yang sangat luas, beberapa di antaranya:
 
Entrepreneur
- Konsultan bisnis dan manajemen
- Konsultan marketing
- Konsultan human resource
Konsultan keuangan- Bidang keuangan
- Industri Jasa maupun Manufaktur.
 
Edulab akan mengarahkan siswa dan siswinya agar memilih jurusan sesuai minat dan bakat masing-masing. Dari hal tersebut, Edulab memiliki tes "Talents Mapping" untuk mengetahui minat dan bakat para siswa. Oleh karena itu, siswa di Edulab tidak akan salah memilih jurusan. (Syifa Wardani Putri)**
.

Categories:PenaCikal,
Tags:,