Maung putih 'Turun' ke jalan dekat kantor Walikota Bandung

Maung putih 'Turun' ke jalan dekat kantor Walikota Bandung

Patung maung putih di Tugu persimpangan Jalan Braga - Jalan Wastukancana - Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Bandung sudah berada di bawah. (foto - screenshot)

Bandung - Patung  maung  (harimau)  putih  yang  merupakan  ikon  Kota  Kembang  berada  di  Tugu  persimpangan Jalan Braga - Jalan Wastukancana - Jalan Perintis Kemerdekaan terjatuh, Kamis (6/2/2020).

Video jatuhnya patung itu viral di media sosial. Salah satunya diunggah akun Instagram @bandungtalk. Di lokasi, patung tersebut sudah berada di bawah dan tampak menghadap ke arah tugu di tengah. Seharusnya, patung itu terpasang di tugu bersama ketiga patung lainnya.

Dalam tugu itu ada empat patung maung yang posisinya seperti sedang melompat. "Seekor maung dilaporkan oleh kang @dudi_abi lepas dari tempatnya berpijak dan menjadi perhatian warga yang melintas di simpang Jl. Braga-Jl. Wastukancana-Jl. Perintis Kemerdekaan dekat Balaikota Bandung pada Kamis (6/2/2020) pagi".

"Sebelumnya pada Minggu 13 Mei 2019 tahun lalu di lokasi yang sama, ornamen ciri khas kota tersebut pernah juga mengalami hal serupa dan viral juga di postingan @sekitarbandungcom," demikian tulis akun @bandungtalk.

Alhasil, di bagian tugunya, hanya ada tiga patung yang tersisa. Menurut penuturan warga sekitar, patung tersebut jatuh sekitar pukul 01.30 WIB. Namun warga dan para pengendara yang melintas di sekitar lokasi melihat patung itu yang sudah berada di bawah.

Sementara itu, pihak Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung menduga, ada pihak yang memang sengaja melakukan perusakan terhadap tugu tersebut.

Kepala Seksi Estetika DPKP3 Kota Bandung Juhatin, kemungkinan tugu itu dinaikin ke atas oleh anak-anak atau orang lainnya. Sejauh ini, pihaknya sudah menindaklanjuti terkait terjatuhnya patung tersebut.

Pihak DPKP3 sendiri mendapati patung itu yang sudah mengalami kerusakan. "Setelah kami cek patung itu memang sudah rusak, jadi otomatis dibuat baru dan harus diganti dengan yang baru," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,