Lalin Ruas Tol Cipali Macet Parah Dipicu Truk Mogok di Km 123

Lalin Ruas Tol Cipali Macet Parah Dipicu Truk Mogok di Km 123

Truk patah as di ruas Tol Cipali Km 123.200. (foto - Kemenhub)

Cirebon - Arus lalu lintas di ruas Tol Cikopo - Palimanan (Cipali) terjadi kemacetan parah hingga malam hari. Kemacetan dipicu adanya truk yang mengalami patah as roda belakang di Km 123.200 arah Jakarta, Minggu (9/2/2020).
 
Berdasarkan informasi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, truk itu kelebihan beban (over dimension over load - ODOL). Penanganannya membutuhkan waktu hingga menimbulkan kemacetan panjang.
 
"Benar kecelakaan tersebut ternyata akibat truk ODOL," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi. Akibat kecelakaan itu terjadi kepadatan lalu lintas di sekitar lokasi kejadian.
 
Ia pun menyayangkan masih ada truk yang memuat barang melebihi batas aturan yang berlaku.  "Saya menyayangkan karena terjadinya kecelakaan ini, terlebih karena truk ODOL," tegasnya.
 
Budi menegaskan, jajarannya akan mengintensifkan koordinasi dengan Badan Pengelola Jalan Tol maupun Jasa Marga untuk menangani permasalahan ODOL di jalan tol. Namun, komitmen operator dan pelaku logistik untuk memberantas praktik ODOL harus ditegaskan. "Operator dan pelaku logistik harus menyadari, praktik ODOL dapat menyebabkan kerusakan jalan dan juga kecelakaan lalu lintas," ungkapnya.
 
Ia mengingatkan, Kemenhub akan tegas pada kendaraan ODOL, sehingga pihak terkait diharapkan segera normalisasi kendaraan yang masuk kategori itu. "Bagi kendaraan yang over dimensi segera lakukan normalisasi, potong bak truk dan sasis sesuaikan dengan SK rancang bangun," katanya.
 
Berdasarkan data Korlantas Polri (Integrated Road Safety Management System/ IRSMS) tentang kecelakaan tahun 2018, truk ODOL menjadi salah satu penyumbang terbesar penyebab kecelakaan lalu lintas. (Jr.)**

 

.

Categories:Daerah,
Tags:,