Filipna Hadapi Ancaman Topan Hagupit

Filipna Hadapi Ancaman Topan Hagupit

Citra Satelit Menunjukkan Filipna Hadapi Ancaman Topan Hagupit.

Tacloban City - Filipina terancam terjangan topan Hagupit yang merupakan topan kategori 3. Warga khususnya yang bermukim di Tacloban City, Provinsi Samar Timur telah diminta untuk mengungsi ke lokasi yang telah ditentukan oleh pemerintah.


Dilansir dari Reuters, topan Hagupit akan tiba dengan kecepatan hingga 170 kilometer per jam, melalui Provinsi Samar Timur. Di mana di wilayah ini masyarakatnya juga masih menderita akibat bencana topan Haiyan, pada November 2013.

Hagupit saat ini telah melalui Kepulauan Palau, dan diperkirakan bakal bertambah kecepatannya sebelum tiba di kawasan timur Filipina, Sabtu 6 Desember mendatang. Hagupit disebut akan menjadi topan kategori 4, dalam 36 jam.

"Jelas kami sekarang akan memperkuat upaya evakuasi. Kita tidak punya alternatif lagi," kata Jerry Yaokasin, Wakil Walikota Tacloban City di Filipina Tengah.

Dia menegaskan, topan Haiyan telah menyebabkan lebih dari 7.000 jiwa tewas atau hilang. Topan Haiyan dengan kecepatan 250 kilometer per jam, telah meratakan hampir semua rumah warga di Tacloban.

Meski Hagupit akan lebih rendah dari kecepatan Haiyan, otoritas telah mempersiapkan skenario terburuk yang mungkin terjadi. Filipina merupakan salah satu negara yang paling sering dilanda topan, dengan sekitar 20 topan setiap tahun. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:bencana,