Gempa 6,4 SR Guncang Sultan Kudarat

Gempa 6,4 SR Guncang Sultan Kudarat

ilustrasi

Manila - Satu gempa berkekuatan 6,4 skala Richter mengguncang lepas laut Provinsi Sultan Kudarat, Filipina selatan, pada pukul 13.11 waktu setempat Rabu (3/12/2014), kata Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs).

Tidak ada korban jiwa dan kerugian telah dilaporkan sejauh ini.

Pusat gempa awalnya ditentukan pada 6,08 derajat Lintang Utara dan 123,17 derajat Bujur Timur, sekitar 112 kilometer barat daya kota Kalamansig, Sultan Kudarat, di Provinsi Sultan Kudarat, pada kedalaman 619 kilometer.

Survei Geological Amerika Serikat (USGS) sebelumnya menyebutkan kekuatan gempa sebesar 6,3 SR.

Phivolcs mengatakan intensitas II tremor dirasakan di Kota Bislig di Provinsi Surigao del Sur. Badan itu mengatakan mereka memperkirakan terjadi gempa susulan.

Menurut Intensitas Timbangan Gempa Phivolcs, sebuah tremor intensitas II berarti gempa dirasakan oleh beberapa individu saat istirahat di dalam ruangan, dan hal itu menyebabkan benda-benda yang menggantung terayun sedikit, dan air dalam wadah terasa berosilasi.

Filipina berada di "Cincin Api" Pasifik di mana lempeng-lepeng benua bertumbukan, menyebabkan aktivitas seismik dan sering terjadinya kegiatan vulkanik. (AY)

.

Categories:Internasional,
Tags:bencana,