Erupsi Gunung Merapi Picu Hujan Abu Hingga Radius 10 Km

Erupsi Gunung Merapi Picu Hujan Abu Hingga Radius 10 Km

Erupsi Gunung Merapi, Kamis 13 Februari 2020. (foto - Instagram)

Sleman - Gunung  Merapi  yang  berada  di  perbatasan  antara  Jateng  dan  Yogyakarta  lontarkan  kolom  erupsi dengan tinggi sekitar 2.000 meter. Dampaknya terjadi hujan abu tipis hingga radius 10 km dari puncak.

"Dampaknya hanya hujan abu tipis, sebarannya sampai sekitar 10 kilometer. Nanti saya cek lagi untuk sebaran abunya," kata Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida, Kamis (13/2/2020).

Sebaran abu itu terpantau di wilayah Kabupaten Sleman. Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Makwan mencatat hujan abu terjadi di beberapa wilayah lereng Merapi. "Setelah erupsi, terpantau wilayah yang terdampak hujan abu yaitu di Kaliadem, Kalitengah Lor dan Kalitengah Kidul, Turgo," katanya.

Meski terjadi hujan abu dan erupsi kata Makwan, masyarakat yang berada di lereng Merapi tetap beraktivitas seperti biasa. "Warga masyarakat di kawasan rawan bencana saat ini masih beraktifitas seperti biasa, wisata juga tidak terganggu," tegas Makwan.

Diketahui, Gunung Merapi mengalami erupsi pada Kamis 13 Februari 2020 pagi pada pukul 05.16 WIB. Status Gunung Merapi saat ini ada pada Level 2 (Waspada). Status itu ditetapkan sejak 21 Mei 2018.

Melalui akun Twitter resminya, BPPTKG membagikan penampakan Merapi saat terjadi Erupsi. Tweet tersebut diunggah sekitar pukul 5.34 WIB pagi, atau tak lama sejak erupsi terjadi. Foto memperlihatkan Gunung Merapi yang mengeluarkan asap tinggi.

"Terjadi erupsi di Gunung #Merapi tanggal 13 Februari 2020 pukul 5.16. Erupsi terekam di seismogram dengan amplitudo 75mm dan durasi 150 detik. Teramati tinggi kolom erupsi ±2.000 meter. Arah angin ke Barat Laut. #statuswaspada sejak 21 Mei 2018," demikian tulis BPPTKG.

Foto yang diunggah diperlihatkan dari berbagai pos pengamatan. Foto pertama dari Pos Pengamatan Gunung Merapi atau PGM Ngepos Magelang. Lalu ada juga foto dari PGM Babadan, PGM Kaliurang, dan PGM Jrakah. BPPTKG juga menyatakan kondisi cuaca, suhu udara, dan keadaan angin.

Sejauh ini, tidak ada perubahan rekomendasi setelah erupsi terjadi. Masyarakat diingatkan untuk beraktivitas di luar radius 3 km dari puncak Merapi. Masyarakat diharuskan menggunakan masker jika terjadi hujan abu. Ini dilakukan untuk mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,