Terbongkar, Penculikan Gadis ABG akan Dijual ke Luar Negeri

Terbongkar, Penculikan Gadis ABG akan Dijual ke Luar Negeri

Para perempuan ABG yang akan dijual ke LN diamankan di Mapolda Kepri. (foto - ist)

Batam - Tiga pelaku penculikan sejumlah remaja perempuan (ABG) korban yang akan dijual ke sejumlah negara seperti Malaysia, Singapura dan Filipina berhasil ditangkap jajaran Polda Kepri.
 
Ketiga pelaku itu yakni Ezron Buraluli Jala (Enos) sebagai otak pelaku, Paulinina Malo (Leni) dan Marlina Dapa Bili (Marlin). Ketiga pelaku merupakan sindikat jaringan internasional perdagangan anak di bawah umur.
 
Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Kepri Kombes Arie Dharmanto menjelaskan, pengungkapan itu berawal dari laporan yang masuk ke Polres Jakarta Utara. Laporan itu terkait penculikan terhadap anak angkat seorang pengusaha Tjhie Tjin Tjung (Acung yang), beralamat di Jalan Pademangan III Gang 15 Pademangan Jakarta Utara.
 
Acung memiliki anak remaja bernama, V (13) diketahui dibawa pergi oleh kedua pembantunya bernama Paulinina dan Marlina, pada Senin 2 Februari sekitar pukul 06.00 WIB. Mengetahui anak angkatnya dibawa kabur, Acung menghubungi pihak PT Mutiara Timur selaku penyalur pembantu rumah tangga tersebut.
 
Ia juga melapor ke Polres Jakarta Utara. Berdasarkan hasil penyelidikan sejumlah saksi dan pelacakan, ternyata kedua pelaku berada di Kota Batam. Polres Jakarta Utara lalu berkoordinasi dengan Polda Kepri, untuk melacak keberadaan korban yang disembunyikan.
 
"Dari informasi Intelmob Polda Kepri akhirnya menemukan lokasi, yakni perumahan Sagulung Baru Blok H nomor 14 Kelurahan Sei Binti Kecamatan Sagulung Batam," kata Arie Dharmanto, Kamis (13/2/2020).
 
Selain menemukan korban V, polisi juga menemukan lima perempuan di bawah umur lainnya. Kelima perempuan muda tersebut yakni berinisial SM, YD, SN, RR dan MH yang akan dikirim ke Malaysia.
 
"Selain mengamankan korban, polisi mengungkap korban perdagangan migran ilegal yang akan dikirim ke Malaysia," tegas Arie. Dari tangan pelaku, polisi menyita sejumlah barang bukti seperti paspor, ponsel serta identitas lainnya. (Jr.)**
.

Tags:,