Limbah Medis Rumah Sakit di Karawang Dibuang Sembarang

Limbah Medis Rumah Sakit di Karawang Dibuang Sembarang

Limbah medis rumah sakit yang dibuang sembarangan. (foto - ist)

Karawang - Limbah medis yang berasal dari rumah sakit di wilayah Karawang dibuang secara sembarangan. Diduga, sampah berasal dari Rumah Sakit Lira Medika itu berisi bekas bungkus obat-obatan dan sarung tangan, jarum suntik yang masih ada sisa cairan serta alat kesehatan lainnya.
 
Berdasarkan penuturan seorang pemulung bernama Rosan, limbah medis tersebut ada yang membuang menggunakan mobil sampah pada siang hari sejak satu bulan terakhir. "Dibuang setiap Rabu dan Sabtu menggunakan mobil sampah," kata Rosan, Kamis (13/2/2020).
 
Pemulung memilah sampah medis itu seperti bekas botol air mineral atau kertas diambil untuk dijual, setelah itu baru kembali diangkut ke TPA Jalupang Cikampek. "Seminggu dua kali kembali diangkut dibuang setelah sampah ekonomis dipungut," katanya.
 
Menurut warga, garis polisi dipasang di antara tumpukan sampah medis tersebut. "Saya melihat pada malam hari ada polisi pasang police line," katanya
 
Sementara itu, Humas RS Lira Medika Aditya menjelaskan, pengelolaan sampah medis bekerja sama dengan PT Wastek dan PT Abipraya. PT Wastek adalah tempat pengolahan sampah B3, sedangkan PT Abipraya transporter yang mengangkut sampah medis dari RS sampai ke PT Wastek.
 
Untuk sampah nonmedis, pihak rumah sakit bekerja sama dengan Yayasan Putra Karawang sebagai transporter sampah. Selanjutnya yayasan tersebut mengangkut sampah ke TPA.
 
"Karena ada kasus ini, kami akan mengevaluasi mutu dari pihak ketiga mengenai sampah yang ditemukan di lokasi kejadian. Kami dari pihak RS sama sekali tidak mengetahui kejadian itu. Saat ini sedang diselidiki oleh pihak berwenang, dan pihak RS pun menunggu hasil penyelidikannya," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,